Guru Honorer Juga Bakal Dapat Subsidi Gaji Rp 2,4 Juta dan Kini Dalam Proses Database

Pipnews.co.id, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, bantuan sosial (Bansos) berupa subsudi gaji sebesar Rp 2,4 juta dan akan disalurkan dua tahap sudah mulai dibagikan sejak hari Senin 24 Agustus 2020. Subsidi gaji tersebut ditujukan kepada karyawan atau pegawai swasta dengan gaji di bawah Rp 5 juta yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek per Juni 2020.

Pencairan ini kata Sri Mulyani seiring dengan telah terbitnya Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) dan DIPA (Daftar Isian Penggunaan Anggaran). “Lantaran itu, mulai 24 Agustus ini sudah mulai bisa disalurkan tahap pertama,” kata Sri Mulyani saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi XI DPR RI di Senayan, Jajarta Senin (24/8).

Bendahara Negara itu menjelaskan, subsidi gaji tersebut bakal disalurkan kepada 15,7 juta pekerja. Untuk itu secara keseluruhan pemerintah menyediakan anggaran subsidi gaji ini sebesar Rp 37,87 triliun.

Tidak sampai di situ lanjut Sri Mulyani. pemerintah saat ini juga sedang mempertimbangkan untuk memasukkan guru honorer ke dalam daftar penerima
subsidi gaji tersebut. Saat ini proses untuk memasukkan guru honorer sebagai sebagai golonang yang mendapat subsidi gaji sedang tengah disempurnakan melalui database dari Kemebterian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kemebterian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

“Guru Honorer memang akan dimasukkan dalam daftar penerima manfaat, baik yang sudah terdaftar dalam BP Jamsostek maupun tidak, yang saat ini dalam proses penyempurbaan database di Kemendikbud dan KemenPAN-RB,” pungkas Sri Mulyani. (Yan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.