Nasional

Hati Hati di Bidang Perdagangan Berjangka, Bappebti Kembali Blokir 114 Domain Situs Entitas Tanpa Izin

Pipnews.co.id, Jakarta – Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) kembali memblokir 114 domain situs entitas di Bidang Perdagangan Berjangka yang tidak memiliki izin Bappebti. Sehingga sampai dengan bulan November 2020 secara keseluruhan telah memblokir 1.143 domain intentitas tak berizin.

“Pemblokiran ini dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkofinko) bekerjasama dengan perusahaan tempat pendaftaran nama domain di Indonesia,” kata Kepala Bappebti Sidharma Utama dalam siaran pers Humas Kemendag di Jakarta (15/12).

Sidharta menjelaskan, Bappebti akan terus melakukan agat situs situs web tersebut tidak dapat diakses dari Indonesia. Hal itu dilakukan untuk men cegah kerugian mastarakat dari praktek perdagangan berjangka komoditi (PBK) yang tidak memiliki izin dari Bappebti serta memberi kepastian hukum terhadap masyarakat dan pelaku usaha, khususnya di bidang PBK.

Ia melanjutkan, dari 114 domain situs tersebut, sebagian besar merupakan situs web dari pialang berjangka luar negeri. “Meskipun mengaku memiliki legalitas dari regulator lusr negeri, setiap pihak yang berkedudukan hukum di Indonesia dan/atau di luar negeri yang belum memperoleh izin usaha dari Bappebti dilarang melakukan kegiatan usaha perdagangan berjangka antara lain melalui promosi atau iklan, pelatihan dan pertemuan mengenai perdagangan berjangka di Indonesia ” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Perundang-undangan dan Penindakan Bappebti M Syist menambahkan, pemblokiran ini juga bertujusn mengedukasi masyarakat. Apabila suatu situs tidak dapat diakses diharapkan masyarakat akan menyadari situs tersebut telah melanggar peraturan perundang-undangan di Indonesia, sehingga pemerintah harus memblokir situs tersebut.

“Pemerintah berharap masyarakat akan semakin menyadari dan berhati hatie dalam.melskukan investasi. Jangan mudah tergiur dengan janji janji keuntungan tinggi investasi tersebut harus memiliki legalitas yang jelas dan memberikan keuntungan yang logis. Untuk itu sebelum berinvestasi masyarakat harus selalu.melakukan pengecekan atas legalitas pialang berjangka dan kewajaran keuntungan yang ditawarkan, serta mempelajari terlebih dahulu mengenai mekanisme transaksi, untung dan ruginya,” pungkas M Syist. (Yan).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button