Nasional

ICSB Bertekad Menjadi Integrator dan Agregator UMKM Indonesia untuk Merambah Pasar Global

Pipnews.co.id, Jakarta – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi sektor yang diharapkan berkontribusi besar terhadap pemulihan dan penguatan ekonomi Indonesia. Untuk itu Indonesia Council for Small Business (ICSB) bertekan untuk menjadi integrator dan agregator UMKM Indonesia.

Apabila ke depan ini ICSB telah menjadi integrator dan agregator UMKM Indonesia, maka akan lebih mudah mendorong UMKM bangkit menjadi pebisnis dengan digital dan mampu merambah pasar global.

Co-founder dan Chairman ICSB Hermawan Kartajaya mengatakan, berdasarkan survei yang pernah dilakukan MarkPlus Inc, sebanyak 57 persen UMKM mengharapkan bantuan dalam melakukan promosi digital seperti iklan di instagram atau Facebook.
[16/1 20.17] Pak Yanes: “Hal ini menjadi perhatian ICSB yang sebelumnya bernama International Council for Small Business (ICSB) Indonesia,” kata Hermawan Kartajaya dalam siaran pers di Jakarta (15/1).

Menurut Hermawan ICSB sendiri merupakan organisasi non profit yang fokus pada penguatan semangat kewirausahaan di Indonesia dengan jaringan di tingkat Asia maupun global yang melibatkan pilar pemerintah, peneliti, pembina dan pelaku bisnis.

Hermawan menjelaskan, perubahan nama ICSB diumumkan saat Musyawarah Nasional (Munas) pada 20-21 November 2020 dan dikukuhkan kembali pada,m saat pelantikan pengurus pusat baru ICSB masa bakti 2020-2022 pada 14 Januari 2021.

Ia juga menerangkan, perubahan nama dan pelantikan pengurus pusat baru, menandai transformasi ICSB sebagai integrator dan agregator UMKM Indonesia dengan harapan memberi kintribusi lebih nyata pada 7 aspek bisnis.

“Ketujuh fungsi utama bisnis tersebut, yaitu mengembangkan produk, pengemasan, pengembangan merek, pengembangan pasar, penguatan SDM, rantai pasok dan akses pembiayaan,” ujarnya.

Hermawan melanjutkan, transformasi di tingkat Indonesia ini seiring dengan perubahan yang sedang terjadi di dalam ICSB Global. Peran ICSB di tingkat dunia pun diharapkan akan semakin besar.

“Saat ini sedang diupayakan agar Indonesia bisa menjadi co-host Peringatan Hari UMKM International yang akan diselenggarakan pada tanggal 27 Juni 2022. “Hal ini antara lain dilakukan dan dipusatkan di Indonesia sebagai tuan rumah, agar UMKM Indonesia semakin di kenal kancah global,” pungkas Hermawan. (Yan).

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button