IGC Diharapkan Menkop dan UKM Dapat Bantu UMKM Kuliner Bekembang

Pipnews.co.id, Jakarta – Banyak sudah dilakukan pemerintah untuk membantu pelaku usaha, khususnya sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Sebab sektor ini ditengarai paling terdampak akiat pandemi Covid-19. Termasuk dalam membantu dan membuka peluang bisnis UMKM kuliner. Seperti baru-baru ini Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, menyampaikan harapannya kepada Indonesia Gastronomy Community (IGC), untuk bisa bekerjasama. Salah satu caranya yaitu dengan mengembangkan dapur bersama.

Hal tersebut diungkapkan Teten dalam sambutannya di webinar bersama IGC, Kamis (9/7/). Menurutnya, kenapa ia menekankan hal itu, karena di tengah pandemi covid-19 ini, yang bisa bertahan dan tumbuh market-nya itu adalah UMKM di sektor makanan dan minuman yang terhubung dengan marketplace dan ke ekosistem digital.

Namun hingga saat ini imbuh Teten, UMKM yang masuk ke platform digital baru 13%, atau 8 juta UMKM. Oleh karena itu tegas dia, bahwa sesuai arahan Presiden, yang meminta kepadanya, agar hingga akhir 2020 bisa ada 10 juta UMKM yang go-digital. “Kalau yang meminta Pak Jokowi saya tidak bisa menolak. Saya bilang iya akan ditambahi lebih dari 10 juta. Maka kita sama-sama dengan IGC harus mempunyai target yang sama dengan kami, sebagaimana UMKM kuliner ini, terhubung dengan marketplace online semakin banyak,” ujarnya.

Masih kata Tetn, jika UMKM kuliner go-digital maka akan banyak keuntungan yang diperoleh. Keuntungan itu yakni yang sudah terhubung dengan marketplace online akan mendapatkan akses pasar yang lebih besar, lalu terhubung dengan lembaga akses pada pembiayaan. “Ke depan data digital mengenai kesehatan usaha itu akan menjadi pertimbangan utama, dalam pemberian pinjaman bagi lembaga pembiayaan,  bukan lagi tumpukan aset. Memangnya mau jadi Pegadaian,” jelasnya lagi.

Untuk ke depan ia Teten optimis bahwa  digitalisasi akan memperbaiki bisnis proses, yang lebih efisien. Sehingga modernisasi itulah yang pihaknya lakukan untuk UMKM. Pihaknya ingin gandeng bersama-sama dengan IGC. Menkop dan UKM berharap, kedepan IGC dapat menjadi agen informasi promosi berbasis digital.

“Dengan cloud kitchen bagi kuliner tradisional untuk semua wilayah di Indonesia. Maka, dengan ragam cita rasa kuliner khas Nusantara sekaligus mengangkat budaya Indonesia, sehingga bisa meningkatkan perekonomian Indonesia jadi agent of change dari tumbuhnya UMKM kuliner di Indonesia,” pungkasnya. (esawe).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.