Istana, Apresiasi Kinerja Kementerian Pertanian  Berhasil Meningkatkan Nilai Ekspor Pertanian Rp 285 Triliun

IPipnews.co.id, Jakarta – Pihak Istana, melalui Staf Khusus Presiden Bidang Inovasi Intrepreneurship dan Milenial Billy Mambrasar memberikan apresiasi atas kinerja positif Kementerian Pertanian di bawah pimpinan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Biily nenilai Kementan telah berhasil meningkatkan nilai ekspor sektor pertanian sehingga membuktikan bahwa sektor pertanian merupakan sektor yang paling kuat di masa pandemi Covid-19. Diketahui bahwa pada periode Januari hingga Agustus 2020, ekspor sektor Indonesia meningkat 8,82 persen, yakni mencapai Rp 258 triliun.

“Saya siap mendukung seluruh program yang diusung Kementerian Pertanian, khusunya untuk meningkatkan sumber daya manusia terutama generasi milenial di sektor pertanian,” kata Billy saar melakukan pertemuan dengan Mentan Syahrul di Gedung Kementerian Pertanian Jakarta (13/10), seperti dilansir Humas Kementan dalam siaran pers.

Billy mengungkapkan, bahwa Mentan Syahrul Yasin Limpo memiliki program yang sangat krusial guna meningkatkan ketahanan pangan nasional. yaitu melalui program Food Estate yang kini tengah yang giat dilakukan di Provinsi Kalimantan Tengah. Untuk itu Billy selaku generasi milenial turut serta ingin berupaya dan berkontribusi dalam mencapai output pertanian yang optimal melalui peningkatan penggunaan teknologi pertanian dan meningkatkan minat generasi muda di sektor pertanian untuk menjadi petani.milenial.

“Menteri Pertanian Syahrul memiliki program mebdorong munculnya 2,5 juta petani milenial untuk menggerakkan pertanian secara modern dan mengakses pasar secara leluasa. Untuk itu kami selaku Staf Khusus Presiden, khususnya bidang inovasi, interpreneurship dan milenial akan turut mendukung program tersebut dalam rangka menciptakan ketabanan pangan nasional,” ujar Billy.

Hal itu lanjut dia, sejalan dengan pernyataan Mentan Syahrul Limpo bahwa petani milenial amat dunanti negara untuk.bisa menciptakan inovasi pertanian dari hulu ke hilir sehingga menciptakan nilai tambah komoditas pertanian. Para petani milenial harus terus didukung agar bisa memacu tumbuhnya petani petani muda yang baru.

Billy menjelaskan, bahwa pihaknya telah membuat renczna program untuk mendukung terlaksananya program petani.milenial seperti menciptakan. program resonator atau leader petani milenial yang dapat memodernkan pertanian serta meningkatkan akses produk pertanian tersebut ke pasar di level desa.

“Di tahap awal kita akan menyasar pada privinsi krusial seperti papua dan Kalimantan Tengah sebagai provinsi percontohan untuk menciptakan farming leaders dikalangan milenual, sehingga nantinya mereka diharapkan akan menularkan kepada jutaan milenial lainnya di Indonesia,” ungkap Billy.

Rencana awal program tersebut, akan dilakukan di 10 provinsi melalui pelatihan kepada petani milenial. Dalam pelatihan tersebut mereka bukan saja mendapat pemahaman terkait bagaimanz meningkatkan produktivitas, tapi juga mengakses pasar dari suatu komoditas dengan menggunakan teknologi digital seperti star-up dan kerjasama dengan banyak mitra lainnya.

“Dari 10 provinsi,  ditargetkan akan mencetak 100.000 petani milenial. Sehingga ke depan hasilnya tidak akan mensuplay kebutuhan pangan nasional tetapi juga berorienrasi pad ekspor,” kata Billy, yankg ketika datang ke Kementan ditemani sejumlah personil Kantor Staf Presiden (KSP).

Pada kesempatan tersebut, Billy menegaskan, bahwa generasi milenial harus kembali lagi kepada sektor pertanian karena dalam kondisi krisis akibat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia saat ini, sektor pertanian yang merupakan sektor paling stabil dan tingkat pertumbuhannya paling tinggi dibanding sektor lainnya. Sehingga sektor ini terbukti menjadi sektor andalan di negeri ini.

Merujuk data BPS pada kuartal II 2020 sektor pertanian menjadi penyumbang tertinggi pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia dengan pencapamian 16,24 persen (q to q). Sementara sektor lain, atau secara nasional cendrung terpuruk turun/minus sampai 4,19 persen (q to g) dan 5,32% (y-o-y). (Yan).

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.