Joko Widodo Minta Gubernur, Bupati dan Walikota Percepat Belanjakan APBD nya Untuk Perbaikan Ekonomi Kuartal III

Pipnews.co.id, Jakarta – Jika sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah memerintahkan kepada para pembantunya untuk mempercepat penggunaan APBN ataupun anggaran penanggulangan Covid-19, kini hal serupa diperintahkan kepada para kepala pemerintah daerah, gubernur, bupati dan walikota.

Dia memerintahkan agar seluruh kepala daerah segera merealisasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di masing masing daerah. Hal ini untuk mendorobg ekonomi nasional bisa lebih baik pada kuartal III 2020.

“Saya meminta kepada kepala daerah agar merealisasikan belanja APBD nya,” kata Jokowi, dikutip dari keterangan resmi melalui twitter @jokowi Selasa (11/8).

Jokowi mengatakan tetap optimis perekonomian Indonesia akan lebih baik di kuartal ke-III. Untuk itu perlu kerja keras. Salah satunya mempercepat realisasi belanja daerah.

Sebelumnya Jokowi mengatakan, pertumbuhan ekonomi yang sedang minus 5,32 persen pada kuartal II 2020 akibat tertekan virus corona, harus baik pada kuartal III 2020, jika tidak ia menyatakan situasi perekonomian.domestik akan lebuh sulit.

Sementara, data Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menunjukkan penyerapan belanja APBD pada awal Agustus 2020 ini baru 35,3 persen dari pagu Rp 1.080.l,7 triliun. Dengan kata lain belanja yang digunakan baru Rp 381,24 triliun.

Direktur Dana Transaksi Khusus Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kemenkeu Putut Hari Setyaka mengungkapkan, reakisasi pwnyerapan itu lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu. Ia.bilang penyeraoan padabAgustus tahun lalu hanya 29,9%.

Menurut Putut penyerapan.belanja lebih besar pada Agusustus 2020 in karena peruvagan pagu belanja akibat pandemi virus corona. Sebelymnya total belanja APBD 2020 sebesar Rp 1.242 triliun, tapi jumlahnya turun menjadi Rp 1.080,7 triliun. (Yan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.