Nasional

Kemenkop dan UKM dapat Hibah Satu Ton Disinfektan dari Pengusaha Korea Selatan KOTRA

Pipnews.co.id, Jakarta – Pandemi Covid-19 yang melanda dunia ini, membuat antar negara sahabat saling membantu. Misalnya Indonesia dengan Korea Selatan (Korsel) yang telah lama menjalin persahabatan. Merasa perlu membantu pemerintah kita yang masih berjibaku melawan corona. Bantuan tersebut salah satunya diberikan oleh Korea Trade Invesment Promotion Agency (KOTRA), berupa cairan disinfektan sebanyak 1 ton kepada Kementerian Koperasi dan UKM.

Yang mana bantuan tersebut telah diserah-terimakan oleh Director General of KOTRA Jakarta, Lee Jong Yoon, kepada Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM, Victoria Simanungkalit di gedung Kemenkop dan UKM, Jakarta, Kamis (14/5). Menurut Victoria,perusahaan-perusahaan Korsel yang beroperasi di Indonesia dan tergabung dalam KOTRA, telah memberikan bantuan berupa disinfektan agar di distribusikan bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). “Arahan Pak Menteri ini akan diberikan kepada UKM-UKM di Indonesia,” jelasnya.

Masih kata Victoria, untuk memberikan jaminan terbebas dari Covid-19, rencananya disinfektan itu akan disemprotkan di pasar-pasar, koperasi ataupun di sektor usaha UMKM. “Supaya lingkungan lebih terjamin, akan dilakukan penyemprotan di pasar, koperasi maupun sektor UMKM. Mereka membantu dengan cairan disinfektan tersebut ,” tandasnya.

Imbuh Victoria, Kemenkop dan UKM selanjutnya akan mendiskusikan terlebih dahulu pada wilayah yang menjadi prioritas untuk disemprotkan cairan disinfektan. Mengingat usaha UMKM sudah mulai recovery untuk buka kembali pasca terkendala akibat pandemi Covid-19. “Kan ini sudah mulai recovery usaha UMKM, maka itu akan disemprot agar lingkungannya aman,” tambahnya.

Sementara itu, Director General of KOTRA Jakarta, Lee Jong Yoon mengatakan, hubungan baik yang telah terjalin antara Indonesia dan Korea Selatan membuat mereka saling membantu. Apalagi katanya, Indonesia adalah negara sahabat, dimana kerja sama kedua negara terjalin erat, khususnya Kementerian Koperasi dan UKM. “Alasan diberikan ke Indonesia merupakan negara sahabat. Kita memiliki banyak kerja sama, terutama KOTRA dan Kementerian Koperasi dan UKM sudah banyak progran yang sukses. Sehingga bantuan itu diberikan kepada kepada Kemenkop dan UKM,” jelasnya.

Dalam acara serah terima bantuan dari Korsel itu juga dihadiri Sekretaris Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Daniel Asnur, Inspektur Adi Trisnojuwono, Kabiro umum Hariyanto. Adapun dari pihak KOTRA dihadiri oleh Vice President Director of Kotra Jakarta Lee Chang Hyun. (Slamet AW).

admin

Eko Priyanto lahir di kota Wonosobo 27 April 1982, Alumni Sistem Informasi disalah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta dan memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom). Memulai mengenal pemograman website sejak tahun 2007 hingga sekarang. Saat ini fokus sebagai profesional Web Design dan menjadi penulis dibeberapa blog tutorial miliknya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button