Kemenkop dan UKM Latih Tenaga Pendamping KUKM Sulsel yang Siap Go Internasional

pipnews.co.id, Makassar – Kementerian Koperasi dan UKM menyelenggarakan kegiatan pelatihan tenaga pendamping bertajuk ‘Sinergitas Program Dalam Rangka Peningkatan Ekspor Dan Internasionaliasi UKM’ di Kota Makassar, pada 11-12 Maret 2019.

Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi antara Kementerian KUKM, ABDSI, FTA Center Kementerian Perdagangan, Rumah Ekspor BNI dan Setkab.

Menurut Sekretaris Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran pada Kemenkop dan UKM Devi Rimayanti, dibutuhkan strategi pengembangan UMKM melalui edukasi, membina para UKM dan mentor UKM untuk dapat memiliki wawasan dan keterampilan, serta pengetahuan sehingga menciptakan UKM yang mandiri mampu bersaing dalam pasar global.

“Kegiatan tersebut merupakan sinergi atau kolaborasi berbagai dukungan yang memiliki visi yang sama untuk memaksimalkan layanan bagi UKM ekspor,” ujarnya, Senin (11/3).

Devi menambahkan, pemerintah tidak dapat bekerja sendiri dalam membina UMKM, namun membutuhkan kontribusi dan kolaborasi dari berbagai elemen sosial (stakeholder), seperti sektor swasta, pengusaha, akademisi, asosiasi usaha, maupun komunitas atau lembaga pendampingan UMKM.

Terlebih sambung Devi, dalam era revolusi industri 4.0, ada 3 tantangan pokok yang harus dipahami pelaku UKM, yakni Teknologi, Otomatisasi dan Disrupsi. Hanya saja lanjut dia, untuk menghadapi tantangan tersebut perlu membangun pendampingan dan memperkuat jaringan usaha yang saling mendukung.

“Sehubungan dengan hal tersebut, diperlukan pendampingan mentor dan advice untuk UKM secara langsung dan kita harapkan UMKM bisa naik kelas, dan mampu memenuhi kebutuhan permintaan pasar global,” ujar Devi lagi.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Abdul Malik Faisal mengakui, Sulsel memang banyak memiliki produk unggulan yang sangat potensial untuk diekspor. Diantaranya coklat, kopi, kopra dan lain sebagainya. Namun kata dia UKM masih merasa kesulitan untuk dapat ekspor langsung ke Negara Tujuan.

“Kendala utama yang dihadapi adalah belum dapat memenuhi kuota angkutan dari kota/provinsi asal ke negara tujuan. Jadi harus ke provinsi lain dalam pemenuhan kuota. Selain itu, masalah Komunikasi dengan negara tujuan juga menjadi kendala,” ungkap Faisal.

Karenanya melalui kegiatan tersebut Faisal berharap, para mentor selain mendamping UKM dari segi usaha juga dapat mencari pembeli, baik pasar dalam negeri maupun manca negara, serta mendorong UKM untuk dapat memproduksi sesuatu yang berdaya saing agar dapat masuk pasar internasional.

Imbuh Faisal, pemerintah daerah Sulsel telah mengirimkan 3 (tiga) orang pendamping Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) dengan membawa 40 produk unggulan, berupa makanan ringan, produk pertanian dan produk perikanan untuk mengikuti kegiatan pameran Indonesian Fest, di Singapura, sebagai bentuk dukungan pemda tehadap promosi produk UKM lokal.

“Disamping itu, Sulsel memiliki agenda utama dalam meningkatkan produksi UKM berupa menekan angka inflasi berupa menyiapkan gudang untuk produk Bawang Merah,” terangnya lagi.

Kegiatan pelatihan pendampingan itu diadakan dalam rangka mewujudkan ASEAN yang berdaya saing. Pelatihan ini diikuti oleh entrepreneurs, pembina UMKM, dosen, pengelola PKBL/CSR, konsultan/ pendamping UMKM, dan para penggerak komunitas UMKM, pelaku UKM, yang telah mendaftar melalui platform Lunas.com yang dikelola oleh ABDSI.

Materi dalam kegiatan ini terbagi ke dalam 6 sesi, dengan tema : UMKM Go Global melalui 3M AMEN, Peluang Pasar Global UKM dan Cara Menembusnya, Cara mencari Buyer, Kalkulasi Harga Ekspor, Dasar-dasar Mentorship dan Menyusun Rencana Kerja, Implementasi dan Pelaporan Mentorship.

Pelatihan bagi para mentor ini diharapkan dapat mendampingi para UKM ekspor agar mampu bersaing di pasar global, dengan strategi 3-GO UKM naik kelas yakni (1) Go-Modern yakni memiliki jiwa entrepreneurship dengan mengembangkan inovasi, memiliki orientasi naik kelas dan mengelola usaha professional, (2) Go-Digital yaitu memiliki online shop di e-commerce dan bergabung di platform informasi digital, dan (3) Go-Global adalah mengikuti market place global, pameran internasional dan berkontribusi melalui ekspor produk-produk unggulan. (Slamet A Wijaya).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.