Ketua Harian Dekopin, Agung Sudjatmoko Menyandang Gelar Doktor

Pipnews.co.id, Jakarta 6 Juni 2018.

Kabar baik datang dari Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), bahwa Ketua Harian dari organisasi tunggal gerakan koperasi itu, yaitu Drs Agung Sudjatmoko MM, baru saja meraih gelar kesarjanaan setingkat Strata 3 (S3), atau bergelar “Doktor” di Bidang Ilmu Manajemen.

Pengukuhan gelar Doktor kepada Agung Sudjatmoko dilakukan pada Senin, 4 Juni 2018 di Kampus Universitas Pasundan di Jalan Sumatera no. 41 kota Bandung, setelah sesaat sebelumnya ia dinyatakan lulus mempertahankan Disertasinya dihadapan para penguji dan Profesor pembimbingnya.

“Dengan lulusnya Saudara Agung Sudjatmoko mempertahankan Disertasinya, maka yang bersangkutan punya hak untuk menyandang gelar Doktor di depan namanya,” kata Direktur Program Pascasarjana Universitas Pasundan Prof. Dr. H.M. Didi Tarmudzi Msi.

Sementara itu Agung Sudjamoko mengaku , dengan diraihnya gelar Doktor ini, maka itu semakin melengkapi dua gelar kesarjanaan yang sebelumnya sudah diraih. Kata dia untuk gelar Drs (S1) diambil dari Universitas Sebelas Maret Solo dan gelar Magister Managemen (MM/S2) di Universitas Krisnadwipa (Unkris) Jakarta.

Terkait dengan Disertasinya berasal dari hasil penelitian di lingkungan gerakan koperasi Indonesia. dalam hal ini Primer Koperasi Kredit (Kopdit) di Jakarta. “Jadi Judul Disertasinya tidak jauh-jauh amat, tapi masih dari kalangan sendiri,” tutur Agung kepada Pipnews.co.id, ketika dihubungi via telepon.

Adapun judul Disertasi itu lanjutl Agung, adalah sebagai berikutr “Pengaruh Citra Koperasi, Kualitas Pelayanan dan Motivasi AnggotaTerhadap Kepuasan Anggota Serta Dampaknya Pada Partisipasi Anggota Koperasi Primer Perkreditan di DKI Jakarta”.(Studi pada anggota koperasi primer anggota Pusat Koperasi Kredit (Puskopdit) di Jakarta.

Menurut Agung dipilhnya koperasi kredit sebagai obyek penilitiannya, karena koperasi ini memang venomental. Dari jenis koperasi inilah lahir koperasi-koperasi yang aset maupun omsetnya sudah pada triliunan. Sebagai contoh Ia menunjuk Kopdit Lantang Tipo di kabupaten Sanggau, Kalbar, asetnya sudah 2,5 triliun dengan jumlah anggota 195.000 orang.

Agung melihat, pola pembinaan anggota di lingkungan Kopdit patut dicontoh, terutama dalam hal pendidikannya. “Dengan kata lain, Kopdit memang tumbuh karena pendidikan,” ujar Agung.

Lalu apa kata Dekopin terkait hal ini. “Tentu saja kita ikut bersukacita. Maka itu kira ucapkan “Selamat” kepada Agung Sudjatmoko, atas keberhasilannya meraih gelar Doktor. Mudah-mudahan melalui ilmu yang ditimbanya, membawa dampak positif dalam pembinaan dan pengembangan koperasi Indonesia”. ujar Sekjen Dekopin Neddy Raynaldi. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*