Nasional

Ketua Satgas PEN Budi Gunadi: Pemerintah Akan Memberikan Bantuan Tunai Kepada UMKM Rp 2,4 Juta

Pipnews.co.id, Jakarta – Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, bantuan tersebut merupakan salah satu dari dua program bantuan yang akan diberikan pemerintah. Sedang tujuannya juga untuk ketersediaan lapangan pekerjaan melalui pemberian stimulus ekonomi kepada UMKM.

Pemerintah akan memberikan bantuan uang tunai kepada para pedagang atau pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebesar Rp 2,4 juta. Pemberian bantuan tersebut dimaksudkan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi. “Ada dua program utama yang akan kami konsentrasikan dalam 2 sampai 4 minggu ke depan, yaitu program bantuan UMKM produktif dan bantuan cuma cuma sebesar Rp 2,4 juta dan bukan pinjamam,” kata Budi dalam keterangan resmi di Jakarta (1/8).

Budi berharap uang senilai Rp 2,4 juta yang diberikan pemerintah bisa digunakan bukan hanya untuk kehidupan sehari hari, tapi juga untuk memulai usaha. Kecuali itu, ia menambahkan pemerintah juga akan memberikan pinjaman lunak berbunga rendah kepada UMKM untuk menambah modal kerja. “Untuk program yang kedua ini pemerintah akan menyalurkan kredit bunga rendah sebesar Rp 2 juta untuk pelaku usaha yang kena PHK dan pelaku usaha yang.memiliki usaha rumah tangga.

Budi mengaku pemberian stimulus ekonomi untuk UMKM dilakukan atas perintah dari Presiden Joko Widodo.  Mengingat besarnya kontribusi yang diperankan UMKM terhadap ekonomi terhadap ekonomi.nasional. Budi menambahkan pemerinrah menargetkan pemberian bantuan dari progeam UMKM produktif bisa  menyasar 12 juta pelaku UMKM. “Arahan Presiden usahakan cepat mulai dan secara bertahap bisa dinaikkan. Kalau bisa sampai 10 sampai 12 juta pelaku UMKM yang mendapat bantuan usaha ini,” ujarnya.

 Lebih jauh dengan kredit pinjaman berbunga rendah kepada UMKM, menurut Budi sifatnya berupa pinjaman yang prosedurnya sudah diatur sesuai ketentuan. “Karena itu, apabila kedua program ini digabung maka UMKM akan mendapat dana sebesar Rp 4,4 juta, apabila tentunya pelaku UMKM bersangkutan mengajukan pinjaman yang berbunga rendah itu,” pungkas Budi. (Yan).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button