Ketua Umum Kospin Jasa Pekalongan Raih Satyalancana Wirakarya dari Presiden Jokowi

Pipnews.co.id, 13 Agustus 2018

Puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-71, yang digelar di Indonesia Convention Exhibisi (ICE) BSD Tangerang, Banten pekan lalu, boleh dicatat sebagai hari bersejarah dan bersukacita bagi seorang bernama HM Andy Arslan Djunaid SE. Pasalnya, pada hari itulah ia dianugerahi penghargaan dari pemerintah RI berupa Satyalancana Wirakarya Bidang Koperasi.

Tak kurang dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang saat itu menyerahkan penghargaan itu kepada Andy Arslan Djunaid. Dan itu diterimanya dalam kapasitasnya yang dinilai sukses dan berhasil memimpin Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) Jasa Pekalongan.

Andy adalah memang Ketua Umum dari Kospin Jasa, yang dulu juga pernah dipegang ayahnya Zaky Arslan Djunaid sebelum meninggal dunia beberapa tahun lalu. Jauh sebelumnya juga dipimpin oleh kakeknya Ahmad Djunaid, pendiri kospin Jasa Pekalongan. tahun 1974. Dengan demikian Andy, adalah generasi ketiga memimpin Kospin Jasa secara estafet tanpa terputus dari keluarga Ahmad Djunaid.

Usai menerima penghargaan, Andy menyatakan bahwa pihaknya sangat bersyukur bisa mendapatkan penghargaan Satyalancana Wira Karya. Ini merupakan bentuk pengakuan Negara kepada kiprah Kospin Jasa selama ini. Mengingat, penghargaan tersebut adalah sebuah tanda penghargaan yang dikeluarkan dan diberikan kepada warga negara Indonesia yang telah sangat berjasa dan berbakti kepada bangsa dan Negara.

“Alhamdulillah bahwa kerja keras Kospin Jasa selama ini mendapat apresiasi tertinggi dari negara. Tentunya hal ini semakin memacu kita untuk lebih bisa membesarkan koperasi,” ungkap Andy kerpada Pipnews.co.id.

Kata dia, bila koperasi kuat, maka ekonomi rakyat akan semakin maju dan ujung-ujungnya kesejahteraan masyarakat juga bakal meningkat. “Maka sekali lagi penghargaan Satya Lancana Wirakarya ini bukan puncak tapi adalah awal untuk kita bisa berbuat lebih baik memajukan koperasi Indonesia,” tandas Andy.

Tak lupa, pria asli Kota Pekalongan tersebut juga menyampaikan selamat kepada para aktivis koperasi yang selama ini telah dan tengah berjuang membesarkan koperasi. “Untuk itu kami mengucapkan dirgahayu koperasi indonesia, maju terus koperasi Indonesia.

Kospin Jasa yang berkantor pusat di Pekalongan, adalah koperasi paling besar di tanah air dengan aset Rp 7,967 triliun. Aset itu terdiri dari aset simpan pinjam konvensional senilai Rp 6,428 triliun dan aset koperasi layanan syariah sebesar Rp 1,539 triliun. Pada tahun buku 2017, Kospin Jasa membukukan Surplus Hasil Usaha (SHU) sebesar Rp 47,646 miliar, dan itu boleh jadi SHU koperasi paling besar di Indonesia pada 2017.

Saat ini Kospin Jasa memilik kantor cabang pelayanan sebanyak 134 unit yang tersebar mulai dari Lampung, Banten, Jabar, Jateng, Yogyakarta, Jatim hingga di Bali. Sedangkan anggota tercatat 212.450 orang, dengan rincian 2.288 orang anggota kelompok I dan 210.162 orang anggota kelompok II dan III. Sedang jumlah karyawan sebanyak 1592 orang.
Kospin Jasa tidak sekadar berbisnis simpan pinjam konvensional dan layanan syariah. Di luar itu juga memiliki 7 unit anak perusahaan, yakni : (1) PT Jasa Investindo (perusahaan pengelola aset), (2) PT Perintis Jasa Grafika (bergerak dalam bidang percetakan dan usaha perdagangan ATK, (3) PT Mitra Abadi Tbk (perusahan asuransi jiwa syariah). (4) PT Asuransi Takaful Umum (sebagai perusahaan asuransi umum), (5) PT Jasa Capital Asset Management (bergerak sebagai perusahaan asset). (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.