Nasional

Koperasi Didorong Tumbuh Secara Kualitas, Bukan Lagi Kuantitas

Pipnews.co.id, Tangerang 19 Januari 2018

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram menekankan bahwa sebuah koperasi bisa disebut berkualitas, salah satunya adalah karena jumlah anggota terus meningkat secara signifikan setiap tahunnya.

“Karena itu, saat ini kita akan terus mendorong pertumbuhan koperasi secara kualitas, dan bukan lagi kuantitas”, kata Agus dalam sambutannya saat membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia (Kopsyah BMI) Tangerang di Spring Club Sumarecon, Gading Serpong, Tangerang pada 17 Januari 2017.

Meski demikian, Agus berharap koperasi dapat menjalankan bisnis dengan 5S yakni sukses penyaluran sesuai prosedur, sukses pemanfaatan sesuai kebutuhan, dan sukses pengembalian.

“Itu sukses bagi koperasi. Ditambah lagi sukses lainnya, yaitu sukses bagi anggota dalam peningkatan usaha dan sukses anggota dalam mengembangkan usahanya”, papar Agus.

Terkait dengan keanggotaan ini, secara khusus Agus memberikan apresiasi terhadap pesatnya pertumbuhan anggota yang dicapai Kopsyah BMI, yang pada 2017 sudah tercatat 130.581 orang. “Luar biasa,” ujarnya. Seraya menambahkan dengan sebanyak 500 orang karyawan yang kini bekerja di Kopsyah BMI, itu artinya telah memberikan kehidupan bagi manusia sekitar 2.000 orang.

Ke depan, Agus berharap koperasi mampu menjelma menjadi sebuah konglomerasi di Indonesia. Sehingga, mampu menciptakan keseimbangan usaha antara koperasi, BUMN, dan swasta.

Sementara itu, Ketua  Harian Dekopin Agung Sudjatmoko yang juga memberikan sambutan mengatakan, Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan ajang silaturahmi dan pesta para anggota koperasi atas keberhasilannya meningkatkan kinerja usaha koperasi.

Kata dia koperasi besar karena anggotanya, bukan karena ketuanya. Koperasi besar karena aktifnya anggota. “Namun sebaliknya kalau anggota tidak aktif dan tidak berpartisipasi, maka kegiatan koperasi akan berhenti,” ujarnya.

Sama halnya dengan Agus Muharram, Agung Sudjatmoko juga memberikan apresiasi yang tinggi terhadap prestasi yang dicapai Kopsyah BMI. Baik itu dari sisi pettumbuhan bisnisnya, maupun dari beragam penghargaan yang diterima.

Sekadar diketahui Kopsyah BMI yang kini dipimpin Ketua merangkap Presiden Direktur Kamaruddin Batubara memiliki aset sebesar Rp 441,290 miliar dengan akumulasi penyaluran pembiayaan Rp 2,5 trilun. Pada tahun buku 2017 Koperasi ini meraup Sisa Hasil Usaha (SHU) Rp 12,548 miliar. (Yan)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button