KSP Kodanua Jakarta Berbagi Rejeki Dengan Kaum Dua’fa

Pipnews.co.id, Jakarta 21 Mei 2018

Satu lagi kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), atau peduli lingkungan digelar Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kodanua, yang beralamat di Jl Latumenten I Jakarta Barat. Yaitu ikut berbagi rejeki dengan Kaum Dua’fa dengan jalan memberikan Paket Sembako kepada mereka yang memang kurang beruntung dalam mendapatkan kehidupan yang lebih layak.

Pembagian paket sembako ini dilaksanakan hari itu (21 Mei 2018) di halaman perkantoran KSP Kodanua bagi masyarakat kurang mampu, khususnya di lingkungan RW 5 dan RW 11 Kelurahan Jelambar, Jakarta Barat. Kawasan ini adalah memang lingkungan tempat di mana kantor pusat KSP Kodanua berada.

Sedikitnya ada 500 kepala keluarga yang mendapat sembako hari itu, yang isinya berupa 5 kg beras, minyak goreng, gula, sardencis, mie dan kecap. Hadir dalam acara ini Lurah Jelambar Ansyari serta para ketus RT setempat. Di sana juga Ustad Benny Gozali, yang oleh panitia didaulat untuk membawakan doa.

Ketua Umum KSP Kodanua HR Soepriyono S.Ab dalam sambutannya mengatakan, Bulan Suci Ramadan, adalah bulan penuh pahala bagi mereka yang berbuat kebajikan untuk sesama Umat, utamanya Kaum Dua’fa. Maka itu keluarga besar KSP Kodanua merasa terpanggil untuk ikut berbagi rejeki mememberikan sebagian keuntungan yang di dapat dari koperasi kepada mereka yang memang kurang mampu.

Dengan memberikan bantuan berupa Paket Sembako, pada Bulan Suci Rahmadan diharapkan mereka bersukacita dan dapat mengurangi beban kehidupan sehariannya. “Itu tujuan dan sasarannya kita berbuat kebajikan” tutur Soepriyono seusai menyerahkan sembako secara simbolis.

Kecuali itu lanjut Soepriyono, dengan pemberian paket sembako, diharapkan para Kaum Dua’fa juga dapat mendoakan agar KSP Kodanua dapat berjalan dengan sukses melaksanakan kegiatannya. “Sehingga pada tahun depan pembagian paket sembako juga dapat dilaksanakan,” imbuh Soepriyono lagi.

Kata dia, pembagian paket sembako kepada yang kurang mampu sudah dilaksanakan KSP Kodanua selama 20 tahun, yaitu sejak tahun 1998. Hal ini bermula dari kondisi ekonomi yang kala itu mengalami “Krismon”, sehingga banyak diantara masyarakat yang kesulitan, khususnya di seputar Jelambar. Dari sinilah awalnya KSP Kodanua mentradisikan pembagian sembako.

KSP Kodanua adalah memang koperasi sukses, yang sudah berulangkali mendapat penghargaan dari pemerintah, baik tingkat provinsi maupun nasional. Termasuk sang ketua, HR Soepriyono sudah mendapat anugrah penghargaan berupa Satyalancana Wirakarya dan Satyalancana Pembangunan dari Presiden RI.

Salah satu keunggulan koperasi ini berbisnis simpan pinjam adalah kemampuannya menghimpun permodalan dari kalangan sendiri. Di luar simpanan pokok, wajib dan sukarela, koperasi ini juga menerbitkan sejumlah tabungan dan simpanan yang diberikan jasa. Sebut saja tabungan Manasuka, adalah satu diantaranya. Lainnya Simpanan Berjangka, Safari, ONH-Umroh, Simpatik, Wajib Khusus, Bina, Pensiun, Pelajar dan terakhir disebut tabungan Bumbung. Saat ini aset yang dimiliki tak kurang dari Rp 149 miliar, dengan jumlah anggota/calon anggota sebanyak 16.973 orang. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.