LKPP Mempersilahkan Pelaku UMKM Masuk E-Catalog LKPP Ikut Tender Pengadaan Barang Dibawah Rp 14 Miliar

Pipnews.co.id, Jakarta- Kabar baik datang dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), bahwa lembaga ini membuka peluang atau mempersilahkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk masuk e-catalog LKPP, untuk kemudian diperbolehkan ikut tender pengadaan barang dan jasa dibawah Rp 14 miliar.

“Jadi kesempatan ini jangan dilewatkan oleh pelaku UMKM. Apalagi saat ini pemerintah sedang menyusun 150 pelaku UMKM masuk e-catalog LKPP. Hal ini dilakukan untuk menumbukkan permintaan produk UMKM.” kata Fiki Satari, Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM dalam diskusi online di Jakarta (27/6).

Fiki mengakui, bahwa untuk mendukung e-catalog LKPP ini, Kementerian Kpperasi dan UKM  sudah bekerjasama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk meluncurkan pasar digital. “Program ini bertujuan agar UMKM masuk dalam ekosistem pengadaan barang BUMN dengan proyek di bawah Rp 14 miliar,” imbuh Kiki lagi.

Dalam pelaksanaannya lajut Fiki, program pasar digital ini akan dibagi dalam 12 kluster, mulai dari jasa konstruksi hingga sektor kuliner. Hal tersebut akan menjadi kepastian bisnis dari hulu ke hilir.

[Masih oleh Fiki dikatakan, proses masuknya UMKM dalam e-catalog LKPP sudah sekitar 13 persen, atau sekitar 8 juta UMKM yang terkoneksi dengan platform digital. “Saat ini tersisa 64 juta UMKM yang belum masuk digitalisasi yang menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dari jumlah tersebut 93 persen merupakan unit usaha berskala mikro dan ultra mikri (UMi),” pungkas Fiki. (Yan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.