Nasional

LPDB KUMKM Belum Pernah Kucurkan Pembiayaan untuk Gerakan Papua Muda

Pipnews.co.id, Jakarta – Terkait program pembiayaan untuk Gerakan Papua Muda yang diperuntukkan bagi 308 lebih wirausaha muda, dalam rangka memberdayakan dan memajukan wirausahawan muda di Papua dan Papua Barat. Diakui Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir-Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) Supomo, pihaknya hingga saat ini belum pernah ada pemberian pinjaman atau pembiayaan dana bergulir kepada PT Papua Muda Inspiratif (PT PMI) tersebut.

Masih menurut Supomo, koperasi yang diajukan Stafsus Presiden Jokowi, Billy Mambrasar terkait program Gerakan Papua Muda juga belum menerima pinjaman apapun, karena belum memenuhi syarat yang ditentukan oleh LPDB-KUMKM. “Pinjaman kredit dana bergulir LPDB-KUMKM ini sesuai arahan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, memang hanya disalurkan melalui koperasi,” kata Supomo dalam rilisnya di Jakarta kemarin.

Lanjut dia, di awal masa jabatan MenKopUKM Teten, sudah menegaskan dalam bentuk kebijakan bahwa 100% dana dari LPDB-KUMKM, harus disalurkan kepada koperasi, terutama pada sektor riil. Demikian dalam menyalurkan pinjaman dana bergulir, imbuh Supomo, LPDB-KUMKM tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian, dan berlaku sama untuk semua calon mitra penerima pinjaman.

Hal tersebut juga ditegaskan lagi oleh Menkop UKM Teten, saat pelantikan Supomo sebagai Dirut LPDB-KUMKM. Bahwa LPDB-KUMKM kedepannya agar hanya menyalurkan pembiayaan melalui koperasi-koperasi unggulan yang bergerak di sektor produksi, yang dapat meningkatkan produksi barang dan jasa, terutama komoditas pangan, teknologi, maritim, dan sebagainya. “Jadi, sekali lagi, tidak benar bahwa ada pembiayaan terhadap PT PMI. LPDB-KUMKM harus tetap menjalankan azas kehati-hatian dan mengikuti kebijakan kementerian,” pungkas Supomo. (Slamet AW).

admin

Eko Priyanto lahir di kota Wonosobo 27 April 1982, Alumni Sistem Informasi disalah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta dan memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom). Memulai mengenal pemograman website sejak tahun 2007 hingga sekarang. Saat ini fokus sebagai profesional Web Design dan menjadi penulis dibeberapa blog tutorial miliknya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button