Nasional

Masihkah Koperasi Jadi Andalan”. Itulah Topik Webinar yang Digelar ICCI

Pipnews.co.id, Jakarta – Koperasi tetap menjadi andalan masyarakat terutama karena visi usaha.bersama yang dilandaskan pada kegotongroyongan dari anggota untuk anggota dalam mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat, terutama disektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Penguatan pengawasan terhadap pengelolaan koperasi dan transformasi layanan secara digital bakal memperkuat nilai tambah ,(value added) koperasi untuk anggota karena menjamin keamanan, kecepatan dan kenyamanan bagi anggota untuk meniknati layanan koperasi sesuai dengan tren digital saat ini.

Demikian gagasan yang muncul pada Webinar dengan tajuk “Masihkah.Koperasi Masih Andalan” yang diselenggarakan Indonesian Consortium for Cooperative Innovation (ICCI) pada Kamis (13/8). Secara virtual hadir dalam Webinar ini Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Executive Committee ICCI Firdaus Putra mmengatakan, bahwa animo masyarakat untuk anggota koperasi tetap tinggi mengingat daya jelajah koperasi yang dapat menjangkau hingga masyarakat kelas menengah ke bawah.

“Sektor UMKM termasuk yang paling banyak mengakses layanan koperasi karena dapat mendukung usaha rintisan tersebut, ” kata Firdaus, yang juga dikenal sebagai penulis muda koperasi.

Dilain pihak lanjut dia, koperasi juga dihadapkan pada tantangan untuk memodernisasikan layanan yang menjangkau kebutuhan hulu dan hilir masyarakat sehingga dampaknya terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat lebih signifikan.

Ia menyampaikan, mata rantai bisnis koperasi harus bersinabungan dari soal saving, loan dan menyediakan marketplace yang dapat digunakan untuk anggota dalam memasarkan produk dan jasa layanan anggota.

“Era digitalisasi membawa sejumlah peluang bagi koperasi untuk meningkatkan layanan yang menjangkau kebutuhan hulu dan hilir anggota sehingga nilai tambah yang dirasakan akan lebih signifikan karena koperasi tumbuh sebagai entitas bisnis yang mengusung one stop solution bagi anggotanya,” ujarnya.

Menurut Firdaus. koperasi harus hadir dalam ekosistem digital dengan membangun kolaborasi dengan pelaku digital lainnya sehingga anggota koperasi dapat lebih mudah mengakses layanan koperasi di mana pun dan kapan pun. Hal itu selaras dengan agenda strategis perkoperasian saat ini, yaitu meningkatkannl keinovasian koperasi agar mampu beradaptasi dan tumbuh dan berkembang dalam dunia bisnis yang bergerak cepat.

“Disamping itu, visinya dari anggota untuk anggota senantiasa harus dipegang teguh para pengurus agar tidak tergoda menggunakan dana abggota untuk kepebtingan investasi lain di luar bisnis inti koperasi ” kata Firdaus Putra. (Yan).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button