Nasional

Materi Pelatihan UMKM Kerja Sama BRI dan Sarinah Menitikberatkan Strategi Ekspor Impor

Pipnews.co.id, Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia/BRI (Persero) Tbk dan PT Sarinah (Perdlsero) menggelar pelatihan pada 55 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Upper Ground Sarinah The Window Of Indonesia, Jakarta (20/2).

Pelatihan tersebut merupakan wujud komitmen BRI dan Sarinah dalam memajukan pelaku UMKM di Indonesia.
Menurut Direktur Bisnis Mikro BRI Supari, kegiatan yang telah dilaksanakan itu, bentuk upaya BRI untuk mendukung Sarinah menjadi pusat perbelanjaan yang khusus menjual produk UMKM unggulan di Indonesia.

“Ini sesuai dengan strategi BRI yang terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pelaku UMKM utamanya secara digital sehingga mampu bersaing di pasar internasional,” kata Supari. Seraya menambahkan, dalam acara tersebut UMKM binaan Sarinah mendapat pelatihan terkait kapasitas sehingga memiliki orientasi dan strategi ekspor impor serta pemahaman prosedur dan regulasi ekspor impor.

Selain itu, BRI juga melakukan sosislisasi Kredit Usaha Rskyat (KUR) sebagai sebagai upaya untuk mendekatkan akses pembiayaan terhadap UMKM binaan Sarinah. Ini juga sebagai satu strategi BRI untuk memperbesar penyaluran KUR ke sektor produksi di tahun ini,” ujarnya.

Sebagai bank yang memiliki komitmen untuk memberdayakan UMKM di Indonesia memiliki berbagai program dalam kaitannya mendorong pelaku UMKM memiliki orientasi ekspor (go global), program tersebut di antaranya BRIncubator dan BRIlianpreneur.

“BRIncubator merupakan program yang berorientasi pada peningkatan kapasitas dan kapabilitas UMKM secara digital dan fokus pada validasi ekspor sehingga mampu Go Modern, Go Digital, Go Online dan Go Global,” tutur Supari.

Sebelumnya lanjut dia, pada akhir tahun lalu BRI juga menggelar BRILian Preneur, pameran atau expo dengan menampilkan hasil produk UMKM binaan Bank BRI. Tak hanya pameran, dalam acara tersebut juga menyuguhkan acara Business Mactching, Talkshow, UMKM Award, Barista Competition, Artist Performance hingga Art Instalation.

Melalui acara tersebut, BRI berhasil memfasilitasi UMKM sebanyak 23 kontrak pembelian dengan total dealing amount sebesar USD 33,5 juta atau sekitar Rp 495 miliar. “Ke depan, perseroan akan terus melakukan terobosan dalam kaitannya menggerakakan ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan UMKM di Indonesia,” kata Supari.

“BRI dan Sarinah mempunyai komitmen dan misi yang sama untuk mendukung dan mendorong ekonomi Indonesia dengan berbagai upaya, yaitu dengan memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas produknya yang berorientasi ekspor. Tentunya untuk mewjudkan hal tersebut Sarinah harus bersinergi dengan BUMN perbankan yaitu BRI untuk membantu merubah wajah Sarin ah ke depannya,” pungkas Lies Lestari.

Sementara itu, Direktur Retail Sarinah Lies Lestari Permana menjelaskan, sesuaidengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, pihaknya sekaligus ingin menjadikan PT Sarinah (Persero) melalui Sarinah The Window of Indonesia sebagai mail bagi produk produk UMKM dalam memasarkan produknya. Maka untuk mengejahwantakannya, salah satunya adalah memberdayakan UMKM. (Yannes).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button