Nasional

Teten Masduki: Sinergi Smesco dan The Papandayan Hotel Perkuat Pasar Produk UMKM

Pipnews.co.id, Bandung – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, ketika produk UMKM bisa masuk ke hotel berbintang, hal itu merupakan suatu proses mendorong produk UMKM naik kelas.

“Ini juga bagus untuk mem-branding produk UMKM dan membuktikan bahwa kualitas produk UMKM tidak jelek. Apalagi kalau melihat kualitas dari produk artisan, maka brand besar pun kalah,” ujar Teten Masduki, pada acara penandatanganan MoU Smesco Indonesia dengan The Papandayan Hotel (Media Group), di Kota Bandung, Jumat (2/4).

Teten berharap semua hotel berbintang dapat memberikan tempat bagi produk UMKM untuk memperluas akses pasar. “Bila seperti itu, saya yakin produk UMKM diterima pasar,” imbuh MenkopUKM.

Menurut Teten, penandatangan MoU ini sebagai bentuk nyata niat baik untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam membangkitkan serta meningkatkan UKM unggulan, khususnya melalui pemasaran produk-produk UKM lokal yang telah terkurasi.

“Upaya memperjuangkan UMKM UMKM adalah upaya mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional. Itulah kenapa bentuk kerja sama seperti ini sangat krusial. Karena, berjuangan untuk UMKM Indonesia membutuhkan sinergi dari kita semua,” ujarnya.

Teten meyakini, MoU ini akan dapat mendorong serta kualitas kuantitas produk UKM di Indonesia agar dapat mengakses pasar yang lebih besar dan lebih baik lagi.

Tentu saja, dengan memasukkan produk-produk UKM ke dalam ekosistem hotel berbintang, tidak hanya untuk menampilkan atau di-display saja, tetapi dengan memakai langsung akan sangat membantu UKM, “tandasnya.

Lanjut Teten, ada dua dampak bagi UKM. Yaitu, produk UMKM dibeli dan dipakai oleh Hotel Papandayan dan Hotel Papandayan sebagai kanal pemasaran offline untuk produk UKM, terutama bagi para pemilik. “Apabila skema seperti ini bisa diduplikasi oleh semua hotel berbintang di Bandung, dampaknya akan lebih dahsyat,” tegasnya lagi. j

Teten juga meyakini, Hotel Papandayan pasti bersedia menjadi percontohan bagi hotel-hotel lainnya untuk segera menyelesaikan skema yang sama.

“Saya turut mengapresiasi Smesco yang telah bergerak cepat untuk menangkap peluang ini dan agar terus memperluas jaringan pemasaran produk-produk UKM lokal unggulan kita,” tukasnya lagi.

Dalam kesempatan yang sama, CEO Grup Media Mohammad Mirdal Akib., Langkah MoU ini untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Apalagi pada bulan April 2021, Gernas BBI mengangkat tema UKM Jabar Paten. “Kami ingin menjadikan produk UMKM Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” ujar Mirdal. ( Esawe ).

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button