Nasional

Menperin Agus Gumiwang : Optimis Kopi Indonesia Mampu Bersaing di Kancah Global

Pipnews.co.id, Jakarta – Kementerian Perindustrian ( Kemenperin) terus memacu keberlangsungan industri pengolahan kopi terdampak pandemi Covid-19, antara lain dengan memfasilitasi perluasan pasar ekspor ke manca negara.

“Industri pengolahan kopi nasional tidak hanya menjadi pemain utama dipasar domestik, akan tetapi juga sudah dikenal sebagai pemain global,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam acara International Coffee Day 2020 yang dilaksanakan secara virtual (1/10).

Mengutip keterangan tertulis Menperin Agus menjelaskan, ekspor produk kopi olahan memberikan sumbangan pemasukan devisa pada tahun 2019 mencapai US$ 610,89 juta, atau meningkat 5,33 % dibanding tahun 2018. “Ekspor produk kopi olahan didominasi produk berbasis kopi instan, kopi instan ekstrak, esens dan konsentrat kopi yang tersebar kr negara tujuan utama seperti di Asean, China, dan Uni Emirad Arab,” ujarnya.

Kata Agus, meskipun di tengah imbas pandemi pada Januari-Juli 2020 neraca perdagangan produk kopi olahan masih mengalami surplus sebesar US$ 211,05 juta. “Ini merupakan pencapaian yang cukup menggembirakan pada masa pandemi saat ini,” imbuhnya lagi.

Ia mengatakan, Indikasi Geografis (IG) merupakan salah satu komponen penting untuk mendorong ekspor kopi melalui penguatan merek produk produk khas sejumlah daerah di Indonesia. Saat ini telah terdaftar 32 IG kopi di Indonesia.

Kopi Arabika Gayo misalnya, merupakan kopi Indonesia pertama yang mendapat pengakuan IG dari Uni Eropa sejak 2017. Pada kesempatan itu, Memperin mengapresiasi Provinsi Bengkulu yang terpilih sebagai penyelenggara peringatan Hari Kopi Internasional di Indonesia.

“Provinsi Bengkulu merupakan salah satu daerah penghasil kopi utama dengan produksi biji kopi sebanyak 56,97 ribu ton pada tahun 2019, dan dua  sertifikasi IG telah dudapatkan daerah ini, Kopi Robusta Kapahiang dan Kopi Robusta Rejang Lebong,” kata Agus.

Memperin Agus berharap, pelaksanaan International Coffee Day 2020 menjadi media promosi kopi khas Indonesia, sehingga keunggulan dan brand kopi Indonesia diketahui berbagai pihak dari dalam dan luar negeri.

Pihaknya optimis bahwa industri pengolahan kopi nasional akan lebih berdaya saing global karena ditopang berbagai faktor, salah sstunya Indonesia merupakan penghasil biji kopi keempat terbesar di dunia. setelah Brazil, Vietnam dan Kolumbia. Pada tahun 2019 produksi kopi Indonesia sebanyak 729 ribu ton. (Yan).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button