Menristekdikti : Startup Sangat Diperlukan Zaman Sekarang

Pipnews.co.id, Denpasar 3 Februari 2018

Menteri Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi Mohamad Nasir mengatakan di era disrupsi teknologi revolusi industri 4.0, terjadi perubahan signifikan. Salah satunya keinginan masyarakat untuk mendapatkan sesuatu dengan mudah lewat teknologi.

Oleh sebab itu, ujarnya, diperlukan banyak perusahaan pemula berbasis teknologi/startup agar masyarakat zaman sekarang dapat terpenuhi kebutuhannya.

Nasir mengatakan di era revolusi industri 4.0 ini, peran startup akan semakin diperlukan seiring dengan meningginya digitalisasi. Menurutnya, kalau ingin membuat startup buatlah yang sesuai seperti zaman sekarang.

Dia mencontohkan paling utama sekarang adalah kefleksibelan yang diperlukan, beberapa bisnis yang konvensional perlahan mulai tutup. Pergeseran pekerjaan mulai terjadi. Pekerjaan yang diambil adalah pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi.

“Buatlah startup yang diperlukan masyarakat, contoh sudah ada transportasi online, belanja online, beli apapun sekarang online, ayo buat yang banyak, tidak ada ruginya mencoba. Buat sekreatif mungkin, bila itu dalam bentuk produk misalnya animasi, pasti laku dijual mahal. Negara yang unggul adalah Negara yang penuh dengan inovasi,” paparnya.

Dia mengemukakan hal itu saat menjadi pembicara kuliah umum dengan tema Membangun Startup Menuju Revolusi Industri di Kampus STMIK STIKOM Bali pada Jumat (2/2/2018) sebagaimana tertera dalam keterangan tertulis.

Menurut Nasir, ada tiga bidang utama yang sesuai dan harus dikembangkan saat ini menuju kehidupan ekonomi digital, yaitu big data, coding, artificial intelligence. “Ketiga hal ini yang justru harus banyak dijadikan sebagai program studi di perguruan tinggi, silakan dibuka.” (Sumber Bisnis Indonesia/Yan)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*