Pemerintah Jangan Terjebak Pada Program Pembubaran Koperasi

Siaran Pers : Asosiasi Manajer Koperasi Indonesia (AMKI)

Pipnews.co.id, Jakarta – Program reformasi total koperasi telah sebagian berjalan, Asosiasi Manajer Koperasi Indonesia (AMKI) menyampaikan beberapa catatan terhadap kinerja pemerintah dalam pembangunan koperasi.

Lebih dari 40.000 koperasi telah dibubarkan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. Kami berpendapat pemerintah di tahun 2019 jangan terjebak pada program pembubaran koperasi, argumen kami tentu sangat kuat agar program ini dikaji ulang.

Program pembubaran koperasi di satu sisi menghilangkan fungsi pembinaan yang harusnya menjadi tugas utama pemerintah. Kita mendapati pemerintah yang harusnya membina justru jangan terjebak pada membinasakan.

Program Pembubaran koperasi ini akan sangat menyita perhatian aparatur pemerintah. Bagi koperasi yang tidak bermasalah dan tidak merugikan anggota dan masyarakat akan sangat menyita waktu jika dilakukan proses pembubaran yang nyata-nyata menggunakan energi dan sumber daya yang tidak sedikit pada SDM dan sumber daya lain.

Menilik pada proses badan hukum PT dan CV misalnya, koperasi harus ditempatkan pada posisi hukum bisnis semata-mata. Jika PT dan CV juga dibubarkan dengan hanya melihat ketidakaktifan saja maka bisa dipastikan kerja pemerintah hanya membubarkan badan usaha dan pasti akan menghabiskan energi yang besar.

Kami Asosiasi Manajer Koperasi Indonesia (AMKI) meminta pemerintah untuk tidak fokus pada program pembubaran koperasi tetapi lebih fokus pada pengawasan dan pembinaan. Bagi koperasi yang tidak aktif yang jumlahnya ribuan cukup diberikan tanda tidak aktif.

Program pembubaran koperasi kami nilai telah nyata-nyata tidak membuat kinerja kementerian koperasi yang harusnya berfokus pada pengawasan dan pembinaan jadi terabaikan.

Kami juga mengajak semua komponen terlibat dalam pembangunan koperasi secara menyeluruh agar koperasi sebagai pelaku ekonomi dapat meningkatkan capaian usahanya dalam memberikan kontribusi pada sektor perekonomian Indonesia.

Jakarta, 8 Desember 2018

Sularto, Ketua Umum Asosiasi Manajer Koperasi Indonesia (AMKI)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.