Penerima Bansos Rp 600 Ribu Untuk 13,8 Juta Karyawan Swasta Hanya yang Terdaftar di BPJS Tenaga Kerja

Pipnews.co.id, Jakarta – Kabar baik bagi para pekerja karyawan swasta di seluruh Indonesia dengan gaji di bawah Rp 5 juta perbulan. Soalnya pemerintah akan memberikan bantuan sosial (Bansos) sebesar Rp 600 ribu perbulan sebagai bentuk bantuan akibat terdampak pandemi Covid-19.

Nanun demikian, tidak semua pegawai atau pekerja yang bisa mendapat bantuan tersebut. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir mengatakan, bantuan akan diberikan kepada 13,8 juta pekerja swasta non PNS dan BUMN yang terdaftar di Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

“Fokus babtuan pemerintah kali ini, adalah 13,8 juta pekerja Non PNS dan BUMN yang aktif terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dengan iuralan di bawah Rp 150.000,- per bulam atau setara dengan gaji di bawah Rp 5 juta per bulan,” kata Erick dalam keterangan resmi di Jakarta  Kamis (6/8).

Ia menjelaskan, bantuan akan diberikan sebesar Rp 600.000,- per bulan selama 4 bulan mulai September mendatang. Namun pemerintah akan memberikannya langsung per dua bulan kepada masing masing rekening pekerja tersebut demi menghindsri penyalahgunaan.

“Program stimulus ini sedang difinalisasi agar bisa dijalankan Kementerian Ketenagakerjaan pada bulan September ini,” kata Erick, yang dalam hal ini kapasitasnya sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covud-19 dan Pemulihsn Ekonomi Nasional.

Erick menyebut, bantuan. ini diharapkan dapat mendorong daya beli masyarakat sehingga bisa menggerakkan perekonomian Indonesia agar cepat pulih.

“Pemerintah telah memiliki program bantuan untuk rakyat miskin dan pekerja yang terdampak pemutusan hubungan kerja melalui Kartu Program Kerja. Tujuan pemerintah menggelontorkan bantuan gaji tambahan ini, adalah untuk mendorong konsumsi masyarakat. Hal ini penting untuk menggerakkan perekonomian dan mendorong pemulihan ekonomi,” ujar Erick  menutup penjelasannya. (Yan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.