Penyaluran KUR Nasional Hingga Maret 2018 Rp 31 Triliun

Pipnews.co.id, Jakarta 3 Mei 2018

Berdasarkan catatan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemkop UKM), realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga akhir Maret 2018 sebesar Rp 31 triliun, yang diberikan kepada 1,2 juta debitur. Perinciannya KUR Mikro sebesar Rp 19,9 triliun, KUR ritel sebesar Rp 11 triliun dan KUR TKI sebesar Rp 66 miliar.

Deputi Bidang Pembiayaan Kemkop UKM Yuana Sutyowati mengatakan pada tahun ini pemerintah menargetkan alokasi penyaluran KUR sebesar Rp 120 triliun, lebih besar dari tahun sebelumnya yang hanya Rp 110 triliun. Sedangkan total realisasi KUR tahun 2017 Rp 96,7 triliun kepada lebih dari 4 juta debitur.

Guna mempercepat penyaluran KUR, pemerintah mempunyai strategi yakni dengan menurunkan suku bunga dari 9% menjadi 7% per tahun. Selain itu, melakukan penambahan bank penyalur KUR, mengikutsertakan Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) sebagai penyalur KUR, dan mengikutsertakan koperasi sebagai penyalur KUR.

“Dengan semakin banyaknya channel penyalur KUR diharapkan realisasi penyalurannya dapat lebih mudah dan cepat”, ujar Yuana dalam siaran pers di Jakarta pekan lalu.

Yuana bilang pihaknya akan terus melakukan pendampingan penyaluran KUR. Sebab menurut Yuana pendampingan sangat penting karena tidak sedikit pelaku usaha mikro yang masih takut berhubungan dengan perbankan dan masih terbatas kemampuannya menyiapkan hal-hal administratif yang dibutuhkan dalam pengajuan KUR.

“Ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah pusat untuk mempercepat realisasi penyaluran KUR, yakni bekerjasama dengan Pemerintah Daerah melakukan kegiatan pendampingan kepada UKM,” jelas Yuana. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.