Perusahaan Teknologi Digital Besar Apresiasi 30 Pahlawan Digital UMKM Terpilih

Pipnews.co.id, Jakarta – Dua perusahaan teknologi digital besar yakni Grab Indonesia dan Shopee, berkomitmen mendukung program Pahlawan Digital UMKM besutan KemenkopUKM ini. Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, misalnya telah mengucapkan selamat kepada 30 Pahlawan Digital UMKM yang telah terpilih.

Menurutnya ini sejalan dengan misi GrabForGood untuk memastikan setiap orang dapat menikmati manfaat dari ekonomi digital. “Kami sangat senang bisa menjadi bagian dari program Pahlawan Digital UMKM,” ungkapnya.

Masih menurut Neneng, para inovator dalam program ini merupakan harapan dan sumber inspirasi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Mereka memotori lebih banyak UMKM Indonesia agar terus bertahan dan berkembang. “Melihat kreativitas dan inovasi yang dihadirkan para peserta, kami yakin masa depan UMKM Indonesia bisa lebih cerah dan mereka bisa menikmati manfaat dari ekonomi digital,” ujarnya lagi.

Adapun Shopee Indonesia yang selama ini juga menjadi salah satu rumah digital bagi para UMKM, mengaku merasa perlu membantu para inovator muda agar lebih berdaya dan terus bermunculan. Menurut Handhika Jahja Direktur Shopee Indonesia masih anyak ruang gerak yang bisa diekspos oleh berbagai pihak. “Kami melihat masih banyak ruang gerak yang bisa di-explore oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah, swasta, dan individu guna memaksimalkan pemanfaatan digitalisasi UMKM di Indonesia,” ujarnya.

Masih kata Handhika yaitu pentingnya kerja sama dan sinergi antar sejumlah pihak dalam mewujudkan inovasi, kreativitas, dan kolaborasi di berbagai bidang. Dengan begitu,kata dia, bukan hal yang tak mungkin untuk mewujudkan ekosistem yang baik guna mendukung Indonesia menjadi negara yang terdepan di sektor UMKM. “Kami yakin UMKM Indonesia  dapat bersaing di ranah internasional,” tandasnya.

Program penjaringan Pahlawan Digital UMKM telah diluncurkan sejak 15 Agustus 2020.  Serangkaian talk show inspiratif pun telah digelar tiap pekan. Talk show ini menghadirkan para inovator digital yang telah membantu digitalisasi UMKM seperti Wahyoo, Titipku, Halosis, Studio Yord, dan lain-lain. Hingga penutupan, sebanyak 126 inovator digital telah mendaftar dalam program Pahlawan Digital UMKM. Mereka umumnya berada di luar Jakarta dan telah memberikan solusi digital bagi pelaku UMKM di berbagai bidang.

Selanjutnya ke-30 inovator yang lolos seleksi, rencananya erada dalam bootcamp berlangsung selama tiga pekan, mulai 23 September – 09 Oktober 2020. Nantinya para inovator tersebut akan dilatih oleh para mentor dan pengajar berpengalaman dari raksasa digital seperti Facebook, Shopee, Digitaraya, Grab Indonesia, dan Studio Yord. Bahkan tokoh inovator digital kenamaan seperti Fajrin Rasyid yang kini menjabat sebagai Direktur Digital Business PT Telkom, juga termasuk salah satu mentor.

Tema pelatihan seputar product sprint, branding, design, digital marketing, pengelolaan sumber daya manusia (SDM), pengembangan bisnis, hingga bagaimana cara agar inovasi bisa memikat investor atau modal ventura. Dari 30 inovator muda peserta bootcamp ini akan dipilih 10 pemenang yang akan mendapatkan hadiah dan penghargaan. Selain itu, mereka juga akan menjadi mitra strategis KemenkopUKM untuk melakukan digitalisasi UMKM. (Esawe).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.