Nasional

Presiden Joko Widodo Minta Pelabuhan Patimban Dukung Ekspor UMKM hingga Pertanian

Pipnews.co.id, Jakarta – Pelabuhan Patimban yang terletak di Kabupaten Subang, Jawa Barat telah resmi beroperasi setelah penggunaannya dilaunching oleh Presiden Joko Widodo secara viutual di Istana Bogor, Jawa Barat Senin (20/12).

Dalam sambutannya Jokowi mengakui pelabuhan yang relatif tidak jauh dari pelabuhan Tanjung Priokc Jakarta dan masih berada dilintakan Pantura (pantai utara) pulau Jawa bisa meningkatkan ekspor otomotif ke pasar Global. Seperti ekspor perdana yang baru saja dilaunching telah mengekspor 140 unit mobil ke Brunai Darusalam.

Namun begitu Jokowi tidak. mau Pelabuhan yang bertaraf internasional ini hanya fokus ke ekspor otomatif. Sejtor lainnya harus ikut mendapat dampak positif. “Saya ingatkan bahwa pelabuhan Petimban ini juga harus mengekspor produk produk lainnya yang menggerakkan sektor ekonomi. Di antaranya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sektor pertanian, industri kreatif, serta produk produk liannya sehingga mampu bersaing di pasar Global,” kata Jokowi

Untuk itu Jokowi meminta para menteri dan pejabat terkait juga menggandeng pelaku usaha UMKM hingga pihak swasta. Ia menegaskan pelabuhan Patimban bisa menggaieahkan ekonomi dan mensejahterakan rakyat. “Keberadaan pelabuhan ini harus semakin terkonsoludasi dengan pebgembangan industri dan perekonomian lokal, semakin mempercepat sentra sentra ekonomi baru,” ujar Jokowi

Jokowi menyebut, hadirnya pelabuhan ini juga akan memberikan kecepatan pelayanan di bidang logostik dan membuat produk produk ekspor kita semakin efisien, senakin berdaya saing dan semakin kompetitif di pasar global.

Ia merasa, lokasi Pelabuhan Petimban sangat strategis karena berada di antara Bandara Kertajati dan kawasan industri seperti Karawang, Bekasi dan Purwakarta. Ia juga meminta pelabuhan tersebut bisa menopang pelabuhan Tanjung Priok. “Kehadiran ini juga berfungsi untuk memperkuat keberadaan Pelabuhan Tanjung Priok yang sekarang ini sudah terlalu padat serta telah menimbulkan kemacetan di ruas  jalan Jakarta – Bekasi  dan Bekasi – Jakarta,” ungkap Jokowi.

Pengoperasian perdana Pelabuhan Patimban Subang, Jawa Barat juga diikuti ekspor 140 unit mobil baru siap pakai. Pebgiriman kenderaan ini menggunakan kapal MV Suzaka Expres milik PT Toyofuji Shipping Co. Ltd tujuan negara Brunai Darussalam. (Yan).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button