Nasional

Presiden Jokowi Minta Industri Keuangan Membantu UMKM dan Usaha Kecil Potensial Diberi Prioritas

Pipnews.co.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Industri Keuangan untuk terus meningkatkan pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) dan meningkatkan akses UMKM memperoleh pembiayaan. Menurut Presiden, pelaku usaha kecil yang memiliki harus diberi prioritas.

“Jangan hanya melayani yang besar besar saja, yang itu itu saja. Pelaku usaha kecil yang memiliki potensi, yang skalanya sangat besar harus diberikan prioritas. Akses pembiayaan bagi pelaku usaha di sektor informal UMKM harus lebih mudah dan cepat,” kata Presiden Jokowi saat membuka secara virtual Pertemuan Tahunan Industri Keuangan di Istana Bogor (15/1).

Presiden juga berharap agar generasi muda dan UMKM yang belum bankable dapat mengembangkan skala usahanya. Untuk itu Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Bank Wakaf Mikro harus bisa dimanfaatkan oleh segmen masyarakat yang lebih.luas dan lebih produktif.

Mengutip siaran pers dari Istana Presiden menyebut, ia juga telah menyampaikan kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) Airlangga Hartarto agar.menyiapkan regulasi yang jauh ke depan dan meninggalkan cara cara lama serta peraturan yang telah usang yang sangat ketinggalan di dunia keuangan global. “Regulasi ini akan mempercepat regulasi kita,” imbuh Jokowi.

“Kita harus membangun pertumbuhan ekonomi yang inklusif yang dinikmati bersama oleh seluruh rakyat Indonesia, yang membawa Indonesia maju dan sekaligus berkeadilan,” tandas Jokowi.

Di bagian lain sambutannya Jokowi mengaku, bahwa di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi selama tahun 2000, kerjasama antara sejumlah pemangku kepentingan telah berjalan dengan baik. Mulai dari Kementerian Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

“Saya sangat senang selama 2020 kemaren, kerja sama antara pemerintah, Kementerian Keuangan, dengan OJK, dengan BI, dengan LPS berjalan beriringan dengan baik, setiap  masalah selalu di respon dengan cepat. Untuk tahun ini pemerintah ingin kerjasama yang baik itu terus dilanjutkan” tutur Jokowi.

Menurut Presiden, OJK dan para pelaku industri jasa keuangan harus menjaga kepercayaan pasar dan kepercayaan masyarakat sebaik baiknya. Ia berpesan agar tidak ada lagi praktek praktek yang merugikan masyarakat. (Yan).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button