Produk Unggulan UKM yang Dijajakan di Gedung Smesco Indonesia Cukup Diminati para Delegasi Asean Games

Pipnews.co.id, Jakarta – Demi pelayanan paripurna kepada para pengunjung dari manca negara, Smesco Indonesia pun menyiagakan sejumlah juru penerjemah bahasa. Mereka bertugas melayani delegasi negara-negara peserta Asian Games 2018, yang datang berbelanja ke gedung yang dikelola oleh Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) ini. Para juru penerjemah itu bertugas setiap hari secara bergantian dari pagi hingga menjelang malam hari.

Penerjemah itu dituntut minimal harus menguasai bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan para delegasi, baik atlet maupun official. Selain itu penampilannya menarik, bertutur kata baik, berperilaku sopan dan ramah dalam berkomunikasi. “Kami tidak hanya menterjemahkan bahasa saja tetapi dituntut untuk melayani mereka dengan baik,” ujar Trisni Hana salah seorang juru penerjemah kepada awak media di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Kamis (23/8).

Wanita berusia 22 tahun itu memang terlihat cukup sibuk saat ada delegasi yang datang berbelanja. Hana bersama rekannya Savira Jasmine (20 tahun), mengaku selalu siap menyambut di lobi utama ketika para delegasi turun dari mobil tumpangannya. Mulai dari pintu lobi utama itulah, keduanya memandu delegasi mendatangi stand-stand produk UKM yang dijajakan di Gedung Smesco.

”Setiap ada tamu datang kami sambut dan ajak kelilling sambil menawarkan produk-produk yang dijajakan. Misalnya ada yang nanya soal produk, kami biasanya jadi perantara hingga antar mereka ke kasir,” ujar mahasiswi S1 UI Program Studi China ini.

Para delegasi yang datang biasanya terlebih dahulu disambut welcome drink berupa air mineral. Kemudian baru diajak keliling melihat-lihat produk khas nusantara ini, mulai dari lantai dasar hingga ke lantai 2 Gedung Smesco. Selain itu delegasi juga diberi kesempatan menyampaikan pesan dan kesan kunjungannya melalui icon imoji.

Sebelum meninggalkan gedung mereka juga diarahkan untuk menandatangani papan tamu. “Tugas ini sangat menyenangkan sekali, karena punya kesempatan berinterasi sama orang asing. Jadi bisa terus melatih kemampuan bahasa saya,” ujarnya tersenyum.

Sayangnya kata Savira Jasmine rekan Hana hanya mendapatkan tugas selama satu hari di tempat tersebut. Mahasiswa S1 UPH Jurusan Ilmu Komunikasi itu memang cuma ditugaskan sehari oleh Yayasan El John Pageants, tempatnya bekerja menjadi juru penerjemah karena harus masuk kuliah. Selanjutnya ia digantikan rekan satu timnya mulai besok, (Jumat).

Savira mengaku meski hanya bertugas dalam waktu singkat, pengalaman pertama bertugas dalam rangkaian ajang Asian Games ini sangat menyenangkan. Paling tidak, kini dirinya mengaku banyak mengetahui tentang produk-produk UKM unggulan dari berbagai provinsi, dan juga punya kesempatan bertatap muka langsung dengan atlet-atlet.

“Saya kan jadi penerjemah bahasa Inggris ternyata negara-negara peserta itu masih banyak yang belum menguasai bahasa Inggris. Jadi tantangan buat kita untuk berkomunikasi dengan mereka tidak pakai body league,” pungkas gadis berparas menarik itu.

Pada Jumat ini Smesco Indonesia akan dikunjungi delegasi Asian Games dari berbagai negara. Kedatangan mereka semata untuk membeli produk khas nusantara yang dijual di gedung tersebut. Hal ini tidak terlepas dari Inasgoc selaku panitia Asian Games 2018 yang menjadikan Smesco Indonesia sebagai salah satu destinasi belanja para delegasi.

Tercatat ada negara yang datang sepanjang hari ini. Diawali dari kedatangan 26 orang delegasi dari Myanmar yang membeli 63 item produk, 5 orang delegasi dari Mongolia, 2 orang official dari Thailand, 3 orang official dari India yang membeli 13 item produk, dan terakhir 4 orang delegasi Syiria yang terdiri dari seorang pelatih dan tiga atlet bola basket. (Slamet AW).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.