Nasional

PT Unilever Indonesia Tbk Bantu Pemulihan UMKM Melalui Peluncuran #UnileverUntukIndonesia

Pipnews.co.id, Jakarta – Mengutip survei Bank Indonesia, akibat terdampak pandemi Covid-19 sebanyak 72 persen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengalami penurunan penjualan dan penyaluran modal karena adanya pembatasan transportasi.

Melihat hal ini PT Unilever Indonesia Tbk. menginisiasi gerakan untuk mendorong kebangkitan UMKM. Lewat kampanye bertajuk #UnileverUntukIndonesia, perusahaan yang memproduksi barang barang (pepsodent, sabun lux, liveboy, dove, sunslik, rinso, clear) dan sudah beroperasi sejak tahun 1933 ini membantu 147.000 pedagang warung sebagai bagian dari ekosistem Unilever di tengah pandemi Covid-19

Peluncuran kampanye #UnilrverUntukIndonesia dilakukan melalui sebuah Webinar yang diselenggarakan bersama Kementerian Koperasi dan UKM pada Selasa (11/8) dan Katadata.id mengambil tema “Jaga UMKM Indonesia”.

Webinar ini secara virtual dihadiri Menko Perekonomian Erlangga Hartarto, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Gunadi Sadikin, Deputi Bidang Produksi Kemenkop UKM Viktoria boru Simanungkalit, Deputi Bidang Kesetaraan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Agustina Erni dan Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk Hemant Bakshi.

Dalam sambutannya Airlangga Hartarto mengatakan, bahwa pemerintah terus berupaya mengakselerasi program pemulihan ekonomi nasional termasuk mempercepat penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi UMKM, karena usaha mereka memang menurun beberapa bulan terakhir ini. Untuk membangkitkan kembali UMKM pemerintah secara khusus telah mengalokasikan stimulus sebesar Rp 123,46 triliun.

“Selain itu pemerintah juga mendorong penggunaan barang barang di dalam negeri melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, serta menyiapkan bantuan produktif untuk pelaku usaha mikro. Salah satu yang dipersiapkan adalah bantuan modal kerja kepada 12 juta UMKM masing masing sebesar Rp 2,4 juta dalam bentuk hibah.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk Hemant Bakshi mengatakan, bagi Unilever Indonesia kemitraan dengan UMKM, khusus mitra pedagang warung Unilever adalah bagian penting dari ekosistem dan pertumbuhan sejak perusahaan berdiri 90 tahun silam.

“Dimasa pandemi ini beberapa pemberdayaan UMKM yang dilakukan Unilever antara lain, memberikan dukungan nyata bagi 147.000 pedagang warung di ekosistem kami agar tetap sehat selamat dan dapat terap.berjualan,” kata Hemant.

Kecuali itu lanjut dia, juga melakukan pelatihan dan pendampingan dan sistem teknologi untuk pengembangan minimarket lokal serta pelatihan literasi digital “Mudah Jualan Online”, beragam pemberdayaan UMKM perempuan pengelola Bank Sampah. dan pelatihan koperasi tani melalui Unilever Indonesia Foundation. Di luar itu juga ada program “Juragan Seru” bagi pelaku UMKM,” imbuh Hemant Bakshi yang membawahi sejumlah pabrik Unilever yang tersebar di Indonesia.

Menutup penjelasannya, Hemant.berharap kampanye #UnileverUntukIndonesia dapat menjadi sebuah katalisator gerakan diantara pihak swasta untuk bergotong royong memajukan UMKM dan bersama sama mempercepat pemulihan ekonomi dengan mengembalikan kekuatan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian bangsa. (Yan).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button