Nasional

Puskopalmar Gelar RAPJ Tahun Buku 2020 Awal Waktu

 Pipnews.co.id, Jakarta – Januari hingga April menjadi ranah terbaik untuk koperasi primer menggelar Rapat Anggota Pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas (RAPJ) atau RAT. Makin cepat bahkan menggambarkan kesemangatan sebagai koperasi sangat sehat. Demikian koperasi sekunder yang menggelar rapat tersebut di awal April, pastilah kinerja koperasi tersebut sangat sehat.

Seperti yang telah dilakukan Pusat Koperasi Angkatan Laut Marinir (Puskopalmar), salah satu koperasi sekunder gelar rapat pertanggungjawaban pengurus dan pengawas tepat waktu. Berlangsung pada Rabu (7/4) bertempat di Ruang Rapat The Commander Golf Driving Range Jl. Raya KKO Cilandak Jakarta Selatan, melaksanakan kewajibannya menggelar RAPJ ke 34 Tahun Buku (TB) 2020. Bahkan acara itu dilakukan serentak seluruh jajarannya di seluruh Indonesia melalui Video Converence.

Hadir dalam agenda rapat tersebut antara lain Kolonel Laut (KH) DR. Rudy Hartono S.H., M.H., mewakili Ketua Umum Induk Koperasi Angakatan Laut (Inkopal) Laksamana Muda TNI Djoko Erwan P., M.Tr., Ir. Soeryo Bawono Ketua Dekopinwil DKI Jakarta, Damayanti Kebid. UMKM & Perdagangan Provinsi DKI Jakarta.

Kakorsahli Kormar Kolonel Marinir Hendra Setiawan, Dewan Pengawas yaitu Kepala Dinas Administrasi Dan Personel Korps Marinir (Kadisminpers Kormar) Kolonel Marinir Anak Agung Gede Agung Jayaputra, S.E., Kepala Keuangan Wilayah Korps Marinir (Kakuwil Kormar) Kolonel Laut (S) Yulianus Zebua, S.H., M.M., dan Kepala Dinas Hukum Korps Marinir (Kadiskum Kormar) Kolonel Laut (KH) Alim Gunawan, S.H, Ketua Pusat Koperasi Angkatan Laut Marinir (Kepuskopalmar) Letkol Marinir Dasril dan 18 Primer Koperasi Angkatan Laut Marinir (Primkopalmar) hadir via Video Converence, maupun yang hadir di ruang rapat.

Perhelatan akbar tersebut dibuka oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono M.Tr (Han), yang diwakili Inspektor Korps Marinir (Inkormar) Brigjen TNI (Mar) Lasmono.

Dalam amanatnya Dankormar menyatakan, RAPJ Pengurus dan Pengawas tahun buku 2020 ini adalah forum kegiatan rutin tahunan sebagai bentuk pertanggungjawaban jajaran Pengurus dan Pengawas Puskopalmar kepada seluruh Anggota, dalam melaksanakan Manajerial Koperasi selama satu Tahun Anggaran.

“Di situ kita akan tahu kinerja Pengurus dan Pengawas dalam pengelolaan usaha Puskopalmar selama Tahun Buku 2020. Berhasil tidaknya bisa dilihat karena semua data kegiatan disajikan lengkap dan terinci. Jika baik kinerjanya untuk terus ditingkatkan dan bila masih kurang, untuk dievaluasi agar tahun buku berikut kinerjanya lebih baik,” ujarnya.

Masih lanjut Dankormar, tujuan lain dari rapat tersebut adalah mewadahi dan menampung aspirasi Anggota dalam mendapatkan solusi terbaik mengatasi masalah, sekaligus mendapatkan bahan merumuskan kebijakan pada program kedepan.

Mencermati gelaran tahunan yang mengambil tema “Dengan Kemandirian Kopal, Kita Dukung Program Ketahanan Pangan TNI AL Guna Meningkatkan Kesejahteraan Anggota Beserta Keluarganya”, Dankormar pun menekankan pada para awak Puskopalmar terus tak henti mengasah dan meningkatkan kemampuannya dalam mengelola dan menjalankan Koperasinya. “Dengan demikian maka, tujuan kesejahteraan Anggota dapat dicapai tepat guna dan tepat sasaran,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Dekopinwil DKI Jakarta Soeryo Bawono dalam sambutannya mengatakan, mendukung program-program yang akan di laksanakan Puskopalmar, serta mengajak semua pihak untuk bekerjasama.

Selain itu ia juga menegaskan akan pentingnya digitalisasi koperasi, dengan menerapkan teknologi berbasis aplikasi. “Dengan begitu kegiatan transaksi dan administrasi, baik itu transaksi harian, bulanan dan laporan keuangan mudah di akses oleh semua anggota,” ujarnya. (esawe/wan)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button