RKI akan Berdayakan Masyarakat Pedesaan Buka Usaha Toko Onderdil

               

pipnews.co.id, Jakarta – Rumah Koperasi Indonesia (RKI) kemali menggelar kegiatan Product Lounching dan Business Gathering di Jakarta. Acara terseut bertempat di Auditorium Kementerian Koperasi dan UKM. Pada kesempatan itu akan dipaparkan tentang hasil-hasil produksi peralatan untuk otomotif dan industri.  Mulai dari oli, spare part mobil, motor dan untuk mesin-mesin industri lainnya. Program ini idenya dari Malaysia yang sengaja memperkenalkan produk-produknya melalui kerja sama dengan RKI.

Kerja sama ini mentuknya memasarkan seluruh jenis produk melalui suatu sistem yang tertata dan berkesinambungan. Yakni akan diuka konter-konter onderdil di setiap desa di seluruh Indonesia. Bahkan untuk mewujudkan rencana ini bagi calon mitra yang berkomitmen untuk permodalannya akan disediakan.

“Jadi calon mitra kita yang di desa-desa di seluruh Indonesia akan kita seleksi. Nanti yang yang bagus akan kita modali. Tetapi bagi siapa pun yang punya modal dan bersedia bermitra tidak perlu diseleksi akan kita distribusikan barang-barangnya untuk dijual ke masyarakat,” ungkap Insanial Burhamzah, Ketua RKI sebelum  acara Pro-lounch di Jakarta, Jumat, (17/5).

Insanial menambahkan program tersebut semata ingin membantu masyarakat agar mendapatkan lapangan kerja dan berpenghasilan. Disamping produknya bagus, tesedia lengkap, kualitasnya oke dan harganya murah, sehingga cukup bersaing dengan produk sejenis yang ada. “Itulah yang memebuat kami ikutkan dalam program RKI,” ujarnya lagi.

Memurut Insanial yang juga Vice President Asean Co-operative Organization (ACO) ini, RKI seenarnya sangat konsentrasi pada sektor pertanian. Mengingat, mekanisasi pertanian sekarang tidak bisa lagi ditangani oleh petani. Sehingga perlu dibentuk organisasi bidang sarana dan peralatan pertanian (Saprotan) agar bisa membantu prorgram pertanian yang kekinian. “Kita bentuk satu organisasi saprotan yang khusus untuk mekanisasi. Nah ini link-nya terkait kegiatan sore ini ada di situ, selain dengan kita punya rencana penanaman lima juta hektar,” tandas Insanial.

Khusus program lounching produk dari Malaysia ini, imbuh Insanial, untuk tahap awal akan dibuka di Jawa. Selanjutnya akan diteruskan ke wilayah lain ke seluruh Indonesia. Bahkan kata dia sudah memetakan untuk perluasan usahanya hinggaa ke negara-negara se Aesean. “Tapi untuk yan ke Asean, yakni ke Philipina kemudian Thaliland,” jelasnya lagi.

Hanya untuk menjamah ke tingkat Asean itu RKI bekerjasama dengan ACO dimana sebuah organisasi perkoperasian dunia tingkat Asean yang juga ia duduk Vice Presidennya. Untuk menjaga ketersedianya alat-alat permesenian tersebut semua arang-banrangnya akan disimpan di PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, yakni seuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik, yang juga sedah melakukan menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan RKI tentang kerja sama kegiatan rantai pasok terintegrasi dengan skema perdagangan Coop to Coop, yang diteken di Palembang awal Maret. (Slamet A Wijaya).           

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.