Sebagai Perusahaan Plat Merah BUMN Diminta Beri Dividen Maksimal Kepada Negara

Pipnews.co.id, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menekankan perlunya perusahaan plat merah atau BUMN memberikan kontribusi kepada negara secara maksimal melalui penghasilan yang didapat atau dividen.

Hal tersebut dikatakan Erick saat memimpin rapat bersama perwakilan BUMN BUMN seluruh Indonesia di Gedung Plaza Mandiri Jakarta Rabu (9/9).

“Seluruh Direksi BUMN wajib meningkatkan, efisiensi, profitabilitas dari masing-masing perusahaan, khususnya BUMN yang berorientasi ekonomi. Kinerja Direksi akan dinilai dan dievaluasi berdasarkan kontrak manajemen berbasis KPI (Key Performance Indikator),” kata.Erick Thohir.

Erick menyebutkan, dalam manajemen kerja di BUMN terdapat 12 klaster. yang masing masing dua Wakil Menteri (Wamen) mengelola 6 klaster BUMN. Wamen I Budi Gunawan Sadikin bertugas mengelola BUMN Klaster Industri Migas dan Energi, Klaster Industri Minerba, Klaster Industri Perkebunan dan Kehutanan, Klaster Industri Pangan, Klaster Industri Kesehatan dan Klaster Industri Manufaktur.

“Sedang untuk Wamen II yang dipegang Kartika Wirjoatmojo diberi tugas mengelola BUMN Klaster Jasa Keuangan, Klaster Jasa Asuransi dan Dana Pensiun, Klaster Telekomunikasi dan Media, Klaster Infrastruktur, Klaster Logistik dan Klaster Pariwisata & Pendukung,” kata Erick Thohir.

Menurut Erick Klasterisasi BUMN bertujuan untuk mengelompokkan BUMN sesuai bidang usaha utama (core business) serta rante nilai bisnisnya guna menciptakan ekosistem bisnis yang sehat dan konpetitif dari hulu ke hilir.

Dalam kesempatan itu, mantan Bos Inter Milan itu, juga membahas BUMN go Global. Menurut dia, ekosistem bisnis yang sehat dan kompetitif dapat mendukung BUMN agar mendunia.

“BUMN memang perlu neningkatkan bisnis secara lebih luas hingga global, agar dapat meningkatkan kinerja operasi, keuangan dan aset perusahaan,” kata Erick, yang juga dikenal pemilik koran Republika di bawah bendera Mahaka Group.

Sejauh ini, terdapat 72 Kantor Cabang/ Anak Usaha/Cucu Perusahaan BUMN yang tersebar di seluruh dunia. BUMN yang tercatat telah melebarkan sayap hingga tingkat internasional tersebut adalah Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Garuda Indonesia, Sucofindo, Surveyor Indonesia, WIKA, Perusahaan Perdagangan Indonesia, Pertamina, Mind.id, Dirgantara Indonesia dan Telkom Indonesia.

“BUMN Global dibutuhkan agar produk BUMN baik barang maupun jasa dapat dikenal dan dapat diserap oleh pasar global. Seluruh perusahaan BUMN di luar negeri diharapkan dapat menyusun kekuatan agar dapat meningkatkan kualitasnya dan dapat memberikan kontribusi yang jauh lebih untuk Indonesia,” pungkas Erick. (Yan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.