Sebanyak 2162 UMKM Kabupaten Sleman Peroleh Banpres Produktif Untuk Usaha Mikro

Pipnews.co.id, Sleman – Presiden Joko Widodo meluncurkan program Banpres Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM) bagi UMKM yang terkena pandemi Covid-19 pada (24/8). Peluncuran program dilaksanakan melalui virtual meeting dari Istana Negara dan dikuti lebih 400 pemerintah kabupaten dan kota di seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Dalam arahannya mengatakan, bahwa bantuan senilai Rp 2,4 juta bukan merupakan pinjaman melainkan hibah. Nantinya bantuan tersebut dapat digunakan untuk memperkuat modal kerja bagi UMKM. “Jadi bantuan itu adalah hibah untuk membangkitkan kembali usaha mikro kecil,” kata Jokowi.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, bahwa pada tahap pertama telah diluncurkan 1 juta BPUM kepada UMKM penerima bantuan. Bantuan ini langsung ditransfer ke rekening milik UMKM penerima melalui 2 bank BUMN yaitu Bank BRI dan Bank BNI.

“Dari jumlah penerima disebutkan tadi, 2162 diantaranya merupakan pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Sleman Provinsi DI Yogyakarta. Mereka tercatat sudah menerima bantuan program melalui Bank BRI Cabang Sleman,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sleman melalui keterangan tertulis yang diterima (25/8).

Pustopo menjelaskan, peluncuran BPUM diikuti Pemkab Sleman secara virtual di Gedung Kantor Bank BRI Cabang Sleman di Jalan Raya arah Magelang. Hadir dalam acara ini jajaran Dinas Koperasi dan UMKM, pegawai BRI dan sejumlah penerima program BPUM.

Kepada pelaku UMKM yang hadir dalam acara itu, Pustopo memberi pembekalan agar para penerima program BPUM dapat memanfaatkan bantuan dana itu sebaik baiknya untuk menambah permodalan usaha sesuai harapan Presiden Jokowi. “Jadi saya ingatkan, jangan digunakan untuk kebutuhan konsumsi,” kata Pustopo. (Yan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.