Nasional

Sekretaris Kemenkop dan UKM Bagikan Masker Gratis, Ajak Pelaku UMKM dan Masyarakat Taati Protokol Kesehatan

Pipnews.co.id, Jakarta – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) membagikan masker gratis kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) maupun masyarakat. Pembagian masker gratis tersebut dipimpin langsung Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Rully Indrawan di kawasan jalan Setia Budi, Jakarta Selatan. Hal tersebut sebagai upaya dan tanggung jawab bersama dalam menjaga dan mematuhi protokol kesehatan,

Menurut Prof Rully Indrawan, pembagian masker tersebut dilakukan, karena masih banyak ditemui masyarakat maupun para pedagang di kawasan tersebut tidak mematuhi protokol kesehatan mengenakan masker. “Ini merupakan bagian tanggung jawab kita bersama untuk memberikan kepastian dengan mengikuti protokol kesehatan. Masker ini wajib dipakai dan tidak bisa tidak, demi kepentingan bersama,” tegasnya kepada awak media di Jalan Setia Budi, Jakarta Selatan, Kamis sore (14/5).

Masih kata Prof Rully, memakai masker adalah salah satu protokol kesehatan yang harus dipatuhi pelaku UMKM dan masyarakat, ketika berada di luar rumah. Tujuannya untuk memutus penularan virus corona atau Covid-19. Apalagi, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masih diberlakukan di DKI Jakarta. “Sehingga mengenakan masker bagian protokol kesehatan. Tapi faktanya masih banyak masyarakat yang belum menyadari tentang pentingnya masker. Selain itu, masyarakat juga belum semuanya mampu menyediakan masker secara jumlah yang cukup,” tandasnya lagi.

Untuk itu Prof Rully berharap, pendistriusian masker secara langsung kepada pelaku UMKM dan masyarakat, akan menumbuhkan kesadaran tentang manfaat, fungsi maupun peran menjaga kesehatan. Mengingat lanjut Rully, pandemi Covid-19 ini merupakan masalah bersama maka dibutuhkan kerja sama untuk mentaati peraturan yang telah ditetapkan pemerintah. “Yang paling penting kita mengajak masyarakat untuk ikut peduli, bahwa masalah wabah ini menjadi masalah bersama. Sehingga harus diatasi bersama dengan keikhlasan. Intinya tetap menaati peraturan, menaati protokol kesehatan dan tetap produktif menjalankan usahanya,” ujar Prof Rully.

Masih tegas dia, bahwa pihaknya mendukung penuh agar perekonomian masyarakat segera pulih, namun tetap menjaga kesehatan. Sedangkan masker yang diberikan kata Rully merupakan produk dari UMKM di Indonesia. “Kami Kemenkop dan UKM mendukung agar ekonomi masyarakat tetap pulih dan kesehatan tetap terjaga. Ini masker yang kita bagikan adalah produksi UMKM. Artinya dari UMKM untuk UMKM dan Indonesia,” terangnya.

Prof Rully juga mengaku akan terus berkeliling membagikan masker gratis maupun alat pelindung diri kepada pelaku UMKM, masyarakat, petugas medis, klinik maupun layanan kesehatan. Ternyata apa yang telah dilakukan Kemenkop dan UKM ini, mendapat sambutan antusias dari para pedagang dan masyarakat. Seperti yang disampaikan Ibu Lilis, yang berjualan menu buka puasa di jalan Setia Budi, Jakarta Selatan. “Terima kasih pak. Kebetulan masker saya sudah lama tidak diganti,” ucapnya sambil melayani pembeli jelang buka puasa. (Slamet AW).

admin

Eko Priyanto lahir di kota Wonosobo 27 April 1982, Alumni Sistem Informasi disalah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta dan memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom). Memulai mengenal pemograman website sejak tahun 2007 hingga sekarang. Saat ini fokus sebagai profesional Web Design dan menjadi penulis dibeberapa blog tutorial miliknya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button