Solusi dari Gojek dan GoFood Dukung Seluruh Kebutuhan usaha UMKM Kuliner dari Hulu ke Hilir,

Pipnes.co.id, Jakarta – Solusi dari Gojek dan GoFood mendukung seluruh kebutuhan usaha UMKM kuliner maupun non-kuliner, dari hulu ke hilir, mulai dari otomasi pengelolaan bisnis hingga pengantaran. Sedikitnya ada tujuh poin penting untuk mendukukung kesuksesan program tersebut.

Ketujuh poit tersebut adalah, pertama patform digital untuk memudahkan konsumen mencari dan mengakses produk UMKM (discovery) melalui GoFood dan GoShop. Kedua, fasilitas dapur kolektif (cloud kitchen) didedikasikan khusus untuk mitra UMKM guna mengurangi biaya sewa dan operasional serta mendukung kebutuhan infrastruktur. Ketiga, layanan marketplace belanja bahan baku dengan harga terjangkau, khusus bagi mitra UMKM melalui GoFresh. Keempat, opsi lengkap pembayaran nontunai yang mudah, dan dari hulu ke hilir, dengan GoPay dan Midtrans Payment Link. Kelima, layanan logistik dan pengiriman cepat dengan GoSend Web Portal dan oleh mitra driver Gojek.

Keenam, manajemen bisnis yang lebih efisien dengan perangkat terintegrasi seperti GoBiz (aplikasi khusus merchant untuk mengelola bisnis secara mandiri), Spots (perangkat multifungsi untuk aplikasi kasir), Selly (solusi keyboard & dashboard pengelola penjualan), dan Moka (aplikasi kasir berbasis teknologi cloud). Dan ketujuh adalah pelatihan keterampilan berwirausaha dan networking melalui wadah Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) dan pelatihan berbisnis online Gojek Wirausaha.

Adapun solusi bisnis tersebut merupakan kelanjutan dari berbagai upaya GoFood mendukung UMKM sejak awal masa pandemi. Guna memaksimalkan penghasilan UMKM, GoFood menggelar berbagai inisiatif yang meningkatkan permintaan, seperti program Paket Makan Keluarga gratis dari 10.000 mitra usaha GoFood untuk 213.000 mitra driver; mengirimkan 176.000 paket makan dari mitra usaha GoFood untuk tenaga kesehatan di 15 rumah sakit rujukan COVID-19; dan program promosi Hari Kuliner Nasional (Harkulnas), di mana mitra GoFood yang berpartisipasi berhasil mencatat jumlah pesanan dan omzet lebih tinggi (12%) dibandingkan mitra di luar program.

GoFood juga terus memperketat protokol keamanan dan menerapkan standar kesehatan dan kebersihan makanan sesuai Panduan BPOM, agar mitra UMKM tetap menjadi andalan masyarakat. Protokol pengantaran tanpa kontak (contactless delivery) dan GoFood Pick up (mengambil pesanan makanan sendiri di outlet kuliner) terus dijalankan guna meminimalisasi kontak langsung.

Sedangkan menurut pemilik UKM Kuliner Pempek Pistel Kiarin Bandung, Dodi Sandra mengapresiasi dukungan GoFood untuk mendukung keberlangsungan bisnis mitra merchant selama pandemi COVID-19. Masih kata Dodi, selama masa pandemi ini usahanya sangat terbantu dengan adanya GoFood. Dia juga mengaku terbantu dengan aplikasi/perangkat khusus mitra merchant, karena laporan penghasilan bisa langsung kita akses dengan transparan. “Jadi, kita sebagai pedagang bisa fokus untuk jualan makanan yang berkualitas agar pelanggan tetap senang langganan di Pempek Pistel Kiarin,” tandasnya. (Esawe).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.