Sudah Saatnya Koperasi Masuk Pasar Modal

Pipnews.co.id, Bogor – Selayaknya lembaga usaha koperasi pun harus berkecimpung di lini bisnis manapun. Termasuk terjun dalam dunia pasar modal untuk menggaet profit yang tidak kecil dan berkesinambungan. Untuk melangkah ke arah sana Kementerian Koperasi dan UKM mendorong koperasi segera nyemplung dalam dunia pasar modal.

Dorongan tersebut mengemuka dalam pelaksanaan rapat koordinasi Kementerian Koperasi dan UKM dengan stakeholders, terkait guna mendorong koperasi masuk pasar modal. Rakor yang berlangsung di Bogor, Jabar (16/4) itu melibatkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Mandiri Sekuritas, serta pemerhati koperasi dan UKM.

Untuk dukungan tersebut tentu tidak dengan cek kosong sehingga terombang-ambing dalam ketidakjelasan, tetapi juga aturan tentangnya dipersiapkan. Seperti diungkapkan Asisten Deputi (Asdep) Keanggotaan Koperasi, Deputi Bidang Kelembagaan Kemenkop dan UKM Untung Tri Basuki, menjelaskan dalam Rakor tersebut memang salah satunya membahas mengenai regulasi yang berhubungan dengan akses koperasi di pasar modal melalui instrumen obligasi atau surat utang jangka panjang. “Sekaligus bertujuan untuk menyamakan persepsi mengenai instrumen obligasi koperasi,“ katanya.

Untung menambahkan koperasi masuk ke pasar modal diakui mengalami kendala, antara lain obligasi belum familier bagi kalangan pengurus koperasi, alternatif pendanaan yang ada selama ini dipandang relatif lebih mudah diakses, maupun beberapa regulasi terkait yang masih perlu diselaraskan.

Untuk itu, jelas dalam waktu dekat akan dilakukan koordinasi dalam rangka harmonisasi/sinkronisasi peraturan terkait mengenai penerbitan obligasi koperasi, dan melakukan sosialisasi bersama antara Kemenkop dan UKM dengan pihak OJK.

“Hal yang perlu diperhatikan untuk kesiapan koperasi akses menerbitkan obligasi antara lain adalah perlunya penerapan GCG (Good Corporate Governance) yang mencakup tata kelola koperasi yang baik,” ujar Untung. (Slamet AW).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.