Suku Bunga Kredit Pembiayaan di LPDB Cukup Murah antara 4,5 % Hingga 7 %

Pipnews.co.id, Jakarta 14 Mei 2018 – Suku bunga kredit pembiayaan di Lembaga Pengelola Dana Bergulir – Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) ternyata cukup murah, yaitu antara 4,5 persen hingga 7 persen pertahun, tergantung kepada siapa pembiayaan itu disalurkan. Bandingkan dengan bunga pinjaman diperbankan yang patok rata-rata 18 s/d 24 persen pertahun, maka bunga pembiayaan di LPDB jauh lebih murah.

Direktur Utama LPDB-KUMKM Braman Setyo mengatakan, bahwa di LPDB ada empat jenis pembiayaan, yang disalurkanm, yang satu sama lain berbeda suku bunganya. Sebagai contoh untuk Program Pinjaman Nawacita dipatok 4,5 persen, pertahun, dan kredit seperti itu diberikan sektor Pertanian, Perikanan, dan Perkebunan. Sementara untuk Sektor Riil (KUMKM sektor Manufaktur, Kerjainan, lndustri Kreatif), dipatok 5 persen pertahun.

“Sedangkan untuk pembiayaan sektor Simpan Pinjam dikenakan bunga 7 persen pertahun meliputi (Koperasi Simpan Pinjam, LKB, LKBB dan BLUD), Bagi Hasil 70:30 untuk Pembiayaan Syariah (KSPPS/USPPS, LKB Syariah, LKBB Syariah),” kata Braman Setyo Dalam acara Sosialisasi dan Bimbingan Tehnis Program Inklusif LPDB-KUMKM yang digelar di Palembang (10/5-2018).

Masih oleh Bramab dikatakan, bahwa LPDB yang dipimpinnya telah berhasil menyalurkan dana bergulir sebesar Rp8,506,027,171,061 (Rp 8,5 triliun). Dan itu diberikan kepada 1.015.690 UMKM, 76 Mitra Koperasi Sekunder, 2.547 Mitra Koperasi Primer, 371 Mitra Perusahaan Modal Ventura dan Bank, 1.307 UMKM Strategis, dan menyerap tenaga kerja sebanyak 1,850,724 orang.

Braman Setyo mengatakan, manfaat yang diharapkan dari pengalokasian dana bergulir LPDB-KUMKM yaitu Koperasi dan UMKM dapat lebih berkembang sehingga dapat memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat, pengurangan pengganguran dan pertumbuhan ekonomi nasional. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.