Nasional

UKM Binaan Kemenkop Menjuarai Kompetisi Produk Kerajinan dalam Gelaran Inacraft 2018

Pipnews.co.id, Jakarta – Sejumlah usaha kecil dan menengah (UKM) yang sebelumnya difasilitasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM, akhirnya memenangkan kompetisi Inacraft 2018 dalam berbagai kategori. UKM binaan Kemenkop ini menyajikan berbagai inovasi desain dengan konsep eco friendly and sustainable.

UKM yang memenangkan kompetisi di Inacraft 2018 diantaranya Mohoi (Juara 1 Emerging Talent), Ruaya (Juara 1 Best Product Kategori Kayu), Studio Hiji (Juara 2 Best Product Kategori Kayu), Janédan (Juara 1 Best Product Kategori Kulit), dan Alur Bambu (Juara 3 Best Product Kategori Serat Alam).

Deputi Produksi dan Pemasaran, Kemenkop dan UKM I Wayan Dipta berharap para pelaku UKM Indonesia yang inovatif tersebut, dapat meningkatkan iklim kompetitif yang makin mendorong lahirnya inovasi produk baru khususnya di bidang kerajinan. “Produk-produk yang telah difasilitasi tersebut sangat mampu berkompetisi di pasar global yang sudah masuk ke pasar internasional,” kata Wayan di Jakarta, Senin (30/4).

Kemenkop dan UKM untuk 2018 ini telah berpartisipasi kembali di Inacraft ke-20 dengan memberikan fasilitasi kepada 14 UKM unggulan berasal dari Provinsi Jawa Barat, Jakarta, Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Bali, Jawa Timur, dan Kalimantan Tengah.

Wayan menambahkan, produk bisa dikategorikan sebagai unggulan apabila memiliki desain yang menarik, inovatif, memiliki ciri khas, dan memajukan kearifan lokal potensi budaya di Indonesia, serta berorientasi pasar internasional.

Sementara Asisten Deputi (Asdep) Pemasaran, Herustiati juga mengharapkan para pelaku UKM dapat terus meningkatkan kreativitas dan inovasinya dalam pengembangan produk, sehingga dapat meningkatkan nilai tambah dan daya saing khususnya di pasar internasional.

Inacraft ke-20 yang berlangsung sejak 25 April 2018 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center ini dibuka Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama istri Mufidah Kalla, juga didampingi Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Bapak Triawan Munaf.

Inacraft 2018 ini mengangkat tema “The Loftiness of North Sumatera” yang mengangkat budaya Sumatera Utara sebagai ikon pameran tersebut. Inacraft merupakan pameran kerajinan terbesar di wilayah Asia Tenggara yang berlangsung setiap tahun dan berlangsung pada April bertempat di area Jakarta Convention Center.

Dari 14 UKM yang kepesertaanya difasilitasi oleh Kemenkop ini menghasilkan transaksi ritel sampel produk sebesar Rp 497,8 juta, dan transaksi order potensial sebesar Rp 2,585 miliar dari buyer domestik, maupun internasional. (Slamet AW).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button