Untuk Perkuat Koperasi, Kelembagaan Gerakan Koperasi Harus Diperkuat di RUU Perkoperasian

Pipnews.co.id, Jakarta – Satu lagi surat dukungan datang dari Induk Koperasi Baitul Maal Wattamwil (BMT) Wanita Islam, terkait Rancangan Undang-undang (RUU) Perkoperasian yang akan disahkan oleh DPR- RI.

Surat dukungan ini diterima Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) bertanggal 26/8/2019 menyebut, bahwa “Kelembagaan Gerakan Koperasi, dalam hal ini Dekopin harus diperkuat di RUU Perkoperasian, karena bermanaat”. Surat tersebut ditandatangani oleh DR Padlia Prakasi
M.Pd Ketua Umum dan Dra Sri Wartini sebagai Sekretaris Umum.

Berikut kutipannya “Dekopin setiap secara priodik & terukur nelakukan kegiatan-kegiatan Edukasi, Advokasi & Fasilitasi.
A. EDUKASI : Dekopin bersama Dekopinwil, Dekopinda melalui Lapenkop
Nasional/Lapenkopwil/Lapenkopda telah mencetak ribuan Pemandu yang selalu diupgrade dan ditugaskan ke berbagai pelosok Indonesia untuk melakukan pendidikan anggota Koperasi, membantu bimbingan penyelenggaraan Koperasi–koperasi yang akan mkenyelenggarakan RAT, bersana IKOPIN terus menyelenggarakan pendidikan formal koperasi dengan berbagai bidang dan berbagai kegiatan edukasi lainnya.
B. ADVOKASI : Berbagai permnasalahan yang dihadapi oleh Koperasi diberbagai Tingkatan terus dilakukan sekarangrang pun sedang menangani berbagai kegiatan Advokasi Perkoperasian, di Provinsi NTB, NAD, Bengkulu, SUMUT dan beberapa daerah lainnya.
C. FASILITASI: Dekopin terus menerus memfasilitasi berbagai kegiatan koperasi seperti mempromosikan dan mempertemukan antar Koperasi untuk melakukan kerjasama Joint Buying & Joint Selling, kerjasama Koperasi dengan BUMN maupun BUMS, hampir setiap tahun bersama mengenalkan dan pemperomosikan produk Koperasi dengan pasar domestic maupun ekspor melalui jejaring ICA.

Dekopin telah membuat platform dan akan terus menyempurnakan bisnis model koperasi berbagai bidang berbasis digital. Bahkan untuk melayani Koperasi Koperasi dibidang keuangan Dekopin bekerjasama dengan Ditjen Dukcapil Kemendagri sedang menyusun BIGDATA dan akan operasionalsasikan platform NIK (Nomor Induk Kependudukan) Cheking.
Telah membantu pendidian RKI (Rumah Koperasi Indonesia) sebagai trading house-nya koperasi, yang telah bekerjasama dengan Angkasa Malaysia, membuat berbagai rancangan bisnis internasional untuk memfasilitasi bisnis Koperasi Indonesia yang akan Go Internasional.

RKI telah melaunching berbagai aplikasi e-commerce bahkan Payment Gateway berkerjasama denganFinNet (anak perusahaan Bank Indonesia), yang kesemuanya untuk memfasilitasi Bisnis Koperasi Indonesia yang harus bersaing dengan pelaku usaha lainnya dimasa kini dan masamendatang. Dekopin juga sangat terbuka bagi siapun yang ingin mengetahui tentang hal-hal tersebut diatas terlebih bagi yang kerab mempertanyakan nya, publikasi ke Media tentang kiprah Dekopin memang sangat minimal karena lebih memilih Kerja, Kerja, Kerja.


Maka Induk Koperasi BMT Wanita Islam dengan ini menyatakan MENDUKUNG upaya tersebut karena peran Dekopin sangat besar dalam perkembangan koperasi di Indonesia. (Yan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.