Nasional

Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan Dorong Kementerian Koperasi dan UKM Statusnya Ditingkatkan atau di-‘Reinventing’

Pipnews.co.id, Jakarta – Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan menyatakan status Kementerian Koperasi dan UKM harus ditingkatkan atau di “Reinventing”sebagai leading sector agar bisa lebih fokus membantu koperasi dan UMKM.

Sejauh ini di masa pandemi, kata Syaruef Kemenkop dan UKM memiliki perencanaan yang baik untuk mengatasi perlamvatan ekonomi akibat pandemi Civid-19. “Itu terbukti dari anggaran dan program yang dipersiapkan untuk membantu koperasi dan UMKM mebghadapi himpitan ekonomi selama pendemi,” kata Syarief di komplek MPR RI di Jakarta (21/12).

Namun lanjut Syarief, rencana program dan kecukupan anggaran tidak akan membuat Kemenkop dan UKM bisa bekerja efektif. Kemenkop dan UKM membutuhkan kekuasaan lebih besar dari sekadar mengurusi kebijakan yang terjadi selama ini.  “Karena itu status Kemenkop dan UKM harus ditingkatkan atau di-reinveting

Syarif yang juga mantan Menteri Koperasi dan UKM di era pemerintahan Susilo Bambang Yudoyono menuturkan, dirinya mencatat   bahwa jumlah anggaran pemerintah sudah cukup banyak namun masih perlu dukungan manajemen.yang maksimal.

“Kita masih menemukan kasus, Kementerian Koperasi dan UKM menyiapkan bantuan pemerintah ke pemerintah daerah. Lalu bantuan turun di pemerintah daerah. Namun, pihak Pemda kerjaannya hanya menunggu, sehingga tidak cepat tertangani. Kondisi ini akan cepat teratasi bila Kementerian Koperasi dan  UKM bertindak sebagai leading sector. Contohnya Menkop dan UKM bisa langsung meminitor ke darah, melakukan eksekusi, termasuk jika diperlukan mencari jalan keluar,” ujar Syarif menegaskan.

Oleh karena itu lanjut dia, agar Kementerian Koperasi dan UKM lebih efektif dan lebih berperan menangani dan membina UMKM, lebih lebih di masa pandemi ini. “Maka ada baiknya pemerintah Presiden  Joko Widodo sekarang ini perlu meninjau ulang status Kementerian Koperasi dan UKM dari nomenklatur kelas III naik menjadi kelas II. Ini akan lebih efektif,” tandasnya. (Yan).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button