Alumni Ikopin Diharapkan Dapat Mendorong Pertumbuhan Perkoperasian di Indonesia menjadi Lebih baik.

Pipnews.co.id, Jatinangor 19 September 2018

Kabar baik datang dari Institut Koperasi Indonesia (Ikopin), bahwa perguruan tinggi milik gerakan koperasi ini kembali mencetak ratusan orang mahasiswa/mahasiswi menjadi sarjana penuh diberbagai displin ilmu bidang ekonomi.

Pencetakan sarjana yang untuk kesekian kalinya ini, ditandai dengan gelar acara Wisuda / Sidang terbuka Senat Ikopin Tahun Akademik 2017 -2018, yang diadakan di Kampus Ikopin, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat pada 15 Semptember 2018.

Rektor IKOPIN DR.(HC) Ir.Burhanuddin Abdullah. MA dalam sambutannya mengatakan, wisuda kali ini jumlahnya sebanyak 340 orang yang rinciannya sebagai berikut. Wisudawan Program Magister Manajemen (MM/S2) sebanyak 53 orang, Sarjana Manajemen Strata Satu (S1) sebanyak 276 orang dan Diploma Tiga (D3) sebanyak 11 orang.

Dari 340 wisudawan sebanyak 77 wisudawan meraih cum laude atau terpuji, sementara 246 wisudawan memperoleh yudisium sangat memuaskan dan 17 wisudawan memuaskan . Rata-rata indeks prestasi kumulatif (IPK) yang diraih oleh para wisudawan magister manajemen 3,73, sarjana manajemen 3,25 dan diploma tiga 3,34. Lulusan terbaik diploma tiga yaitu Ayu Anggi Puspitasari IPK 3,74, sarjana manajemen yaitu Shofia Zahra IPK 3,93 dan Magister Manajemen I Wayan Bambang Waryono 3,92.

“Dengan dilaksanakannya wisuda ini, maka jumlah alumni IKOPIN termasuk wisudawan yang dilantik hari ini berjumlah 13.310 alumni,” kata Rektor Ikopin Jatinangor Dr. (HC) Ir. H. Burhanuddin Abdullah, M.A., dalam sambutannya di depan para wisudawan dan pihak Pembina, Pengurus, dan Pengawas Yayasan Pendidikan Koperasi serta para tamu undangan.

Menurut Burhanuddin, sebagian besar lulusan bekerja membangun koperasi, baik sebagai aparat sipil maupun terjun langsung di perkoperasian. “Sebagian lainnya menjadi wirausaha, tenaga kependidikan, tentara/polisi, dan bahkan politisi,” katanya.

“ Mereka diharapkan dapat menjadi pionir untuk mendorong dan menciptakan pertumbuhan perkoperasian di Indonesia menjadi lebih baik, jujur serta profesional. Selanjutnya mereka-mereka ini menjadi tenaga kependidikan, tentara/polisi, bahkan mereka akan berwirausaha sehingga dapat membuka lapangan kerja baru dan menjadi pengusaha handal di masa yang akan datang” ujarnya.

Dari 340 lulusan itu, di antaranya 142 wisudawan memperoleh beasiswa dari Kementerian Koperasi dan UKM, perbankan dan pihak lainnya. Para wisudawan harus membantu pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja untuk menanggulangi dan mengurangi kemiskinan. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.