Kopma UGM Raih Peringkat 2 Jambore Kopma Nasional 2018

Pipnews.co.id, yogyakarta 22 September 2018.

Anggota Koperasi “Kopma UGM” seakan tak pernah lelah untuk mendulang prestasi. Sabtu lalu (15/9), Delegasi Koperasi “Kopma UGM” berhasil meraih peringkat kedua dalam rangkaian kompetisi Jambore Koperasi Mahasiswa Nasional. Rangkaian kompetisi yang berlangsung pada 11 – 15 September 2018 di Universitas Siliwangi diikuti oleh tiga anggota Koperasi “Kopma UGM”: Andika Saputra, Fatona Nur, dan Teguh Ihza Yuhirsyah.

Jambore Koperasi Mahasiswa Nasional 2018 atau Jamkopnas 2018 rangakaian kompetisi tahunan yang diselenggarakan untuk Koperasi Mahasiswa seluruh Indonesia sebagai salah satu upaya menjaga dan meningkatkan eksistensi Koperasi Mahasiswa di era globalisasi.

Rangkaian kompetisi Jamkopnas 2018 yang berlangsung selama lima hari diisi dengan berbagai kompetisi: hasta karya, Lomba Cerdas Cermat, Lomba Debat Koperasi, Socio-Entrepreneur, dan Putra Putri Kopma. Selain itu, Jamkopnas 2018 diisi juga dengan Seminar Nasional dan Field Trip. Pengumuman juara dilaksanakan pada hari terakhir rangkaian Jamkopnas 2018. Pada pengumuman juara tersebut, Koperasi “Kopma UGM” berhasil meraih peringkat dua dalam rangkaian kompetisi Jamkopnas 2018 tersebut.

Para Delegasi Koperasi “Kopma UGM” mengaku tidak begitu tegang selama rangkaian kompetisi Jamkopnas 2018 berlangsung. “Perasaannya biasa aja sih. Yang paling penting, delegasi bisa sharing dengan delegasi lainnya”, ungkap Andika, salah satu delegasi Koperasi “Kopma UGM”.
Andika mengaku senang dengan hasil yang diperoleh. “Senang. Karena sudah sesuai sekali dengan ekspektasi kita”, ungkapnya. Dari berbagai kompetisi yang para delegasi dari Koperasi “Kopma UGM” ikuti, mereka meraih Juara 1 dalam Lomba Cerdas Cermat dan Juara Harapan 1 dalam Lomba Debat Koperasi.

Keberhasilan yang diperoleh Koperasi “Kopma UGM” bukanlah tanpa persiapan. Persiapan sudah dilakukan oleh Koperasi “Kopma UGM” jauh-jauh hari mulai dari pemilihan delegasi hingga persiapan materi. Pemilihan delegasi Koperasi “Kopma UGM” untuk Jamkopnas 2018 tidak hanya dari anggota-anggota “lama” Koperasi “Kopma UGM” tetapi pemilihan delegasi juga dilakukan untuk anggota-anggota baru yaitu Mahasiswa UGM 2018.

Tidak hanya saling berkompetisi, Delegasi Koperasi “Kopma UGM” dan delegasi dari koperasi mahasiswa lainnya juga dapat saling berkumpul dan berdiskusi mengenai koperasi mereka masing-masing. Hal ini sama dengan tips yang Andika berikan apabila anggota yang lain ingin menjadi delegasi Koperasi “Kopma UGM” bahwa hal yang paling penting dalam menjadi delegasi adalah relasi sedangkan menang dalam kompetisi hanyalah bonus.(Sumber : Kopma UGM)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.