Tumur Naibaho Ketua KSP Makmur Mandiri Raih Penghargaan Jasa Bhakti Koperasi

Pipnews.co.id, Bekasi – Drs Tumbur Naibaho MM, FSAI adalah satu di antara pegiat koperasi yang beruntung mendapatkan penghargaan dari Kementerian Koperasi dan UKM. Penghargaan berupa “Jasa Bakti Koperasi” itu disematkan langsung Menteri Koperasi dan UKM, AAGN Puspayoga pada acara puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-72 di Purwokerto, Jawa Tengah (12/7/2019). Pemberian penghargaan kepada Tumbur oleh pemerintah, karena ia dinilai sukses dan berhasil membawa koperasi yang dipimpinnya, yaitu Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Makmur Mandiri sebagai Koperasi Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2918.

Tidak itu saja Koperasi yang punya kantor pusat berlantai empat di Sunsity Square Blok A 8-9 Jalan . Hasibuan kota Bekasi, Jawa Barat ini, juga berhasil masuk jajaran 100 besar Koperasi Indonesia versi Majalah Peluang. Lantas, apa kata Tumbur dengan pemberian penghargaan ini.. “Ternyata, apa yang saya lakoni mengurusi koperasi selama ini tidak sia-sia mendaoat perhatian dari pemerintah dan berbuah mendapat penghargaan berupa Bakti Koperasi. Untuk itu saya meng ucapkan terima kasih kepada Bapak Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga,” kata Tumbur Naibaho kepada Pipnews,

usai menerima penghargaan.

Meskipun demikian Tumbur mengaku, ia merasa belum cukup puas dengan hanya mendapatkan penghargaan setingkat Bakti Koperasi. Ia berharap dan bercita-cita bisa mendapatkan lagi penghargaan yang lebih tinggi nilainya, yaitu berupa Satyalancana Wirakarya dari Presiden RI.

Tumbur mengatakan. dengan diterimanya penghargaan Jasa Bakti Koperasi, itu artinya tinggal selangkah lagi untuk mendapatkan penghargaan setingkat Satyalana Wira Karya dari Presiden RI, yang merupakan penghargaan tertinggi untuk para praktisi koperasi yang dinilai sukses dan berhasil.

“Begitulah memang aturan mainnya, harus lebih dulu mendapat Jasa Bakti Koperasi, baru naik kelas untuk mendapat Satyalancana Wira Karya,” kata

Tumbur, yang mengaku, bahwa KSP Makmur Mandiri telah mendapat rekor Muri sebagai Koperasi pertama yang melaksanakan Rapat Anggoita Tahunan (RAT) melalui video conference. Lebih lanjut dengan upaya mendapatkan penghargaan Satyalancana, Tumbur berjanji akan terus berkiprah bekerja keras bersama pengurus lainnya dan manajemen membesarkan KSP Makmur Mandiri.

Sekadar gambaran, pada tahun buku 2018 KSP Makmur Mandiri mencatat aset sebesar Rp 307, 947 miliar, atau naik 52, 60 persen dibanding aset tahun 2017 senilai Rp 201, 747 miliar. Sedang jumlah anggota naik 187 persen, yaitu dari 11.135 orang pada 2017 menjadi 31.951 orang pada 2018. Para anggota ini dilayanai melal;ui 100 kantor cabang yang tersebar di 16 provinsi dengan karyawan sekitar 1.000.orang. (Yan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.