3 dari 4 PLUT KUMKM di Jabar Sudah Jadi UPTD

PIPNews.co.id, Bandungf – Hingga saat ini provinsi Jawa Barat memilik 4 (empat) buah Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM yang dibangun melalui APBN Kementerian Koperasi dan UKM. PLUT dimaksud berada di Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Subang, Kabupaten Cianjur dan Kota Tasikmalaya. Dari jumlah tersebut, hanya satu yang belum menjadi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) yakni PLUT KUMKM Kota Tasikmalaya.

“Jadi dengan demikian tinggal Kota Tasikmalaya yang belum menjadi UPTD,” kata Kepala Bidang Pemberdayaan Koperasi (*BPK) Dinas Koperasi UKM Jawa Barat Kusmana Hartaji pada Rakor PLUT dan Kegiatan Pemasaran Produk Berbasis Digital di Bandung (20/2/2018).
Dia mengatakan PLUT KUMKM adalah semacam diiklat atau bengkel untuk membantu KUMKM meningkatkan kinerjanya terutama terkait dengan produk, pemasaran, fasilitasi pembiayaan dan pengembangan SDM dalam meningkatkan kewirausahaan.

“Oleh karena itu, PLUT KUMKM terbuka setiap saat untuk memberikan bimbingan, karena didukung oleh para konsultan pendampingan yang akan mendampingi KUMKM. Setiap PLUT KUMKM memiliki 7 (tujuh) orang konsultan pendamping di PLUT KUMKM tingkat provinsi dan 5 (lima) konsultan pendamping di PLUT KUMKM tingkat Kabupaten/ kota,” ujar Kusmana.

Adapun tujuan pendampingan melalui PLUT-KUMKM, yaitu memberikan layanan jasa non finansial sebagai solusi atas permasalahan yang dihadapi KUMKM dalam rangka meningkatkan produktivitas, nilai tambah, kualitas kerja dan daya saing.

Sasaran PLUT KUMKM yakni meningkatkan kualitas kerja koperasi dan UMKM, meningkatkan kompetensi SDM KUMKM, meningkatkan produktivitas potensi unggulan daerah yang dikembangkan KUMKM, meningkatkan akses pembiayaan KUMKM melalui lembaga keuangan bank dan non bank serta meningkatkan jaringan usaha kemitraan KUMKM.

Menurut Kusmana, ada 7 (tujuh) layanan pegelolaan PLUT KUMKM diantaranya konsultasi bisnis, pendampingan atau mentor bisnis, promosi atau pemasaran, IT dan e-commerce, akses ke sumber pembiayaan, pelatihan bisnis, networking dan kemitraan usaha, bahan proposal KUMKM dan layanan pustaka enterpreneur. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.