87 Penghargaan Bakti Koperasi Diberikan untuk Pejabat dan Tokoh Koperasi

Pipnews.co.id, Purwokerto – Salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-72 di
Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada 12 J1uli 2019 adalah
pemberian penghargaan kepada para pejabat dan tokoh koperasi yang dinilai berhasil dan sukses mendorong pengembangan koperasi dan UKM.

Penghargaan itu diserahkan lansung Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga pada malam hari, sehari (11/7) sebelum puncak acara Harkopnas di laksanakan. Sebanyak 87 piagam Jasa Bakti Koperasi yang diserahkan kala itu.

Puspayoga mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk apreasiasi pemerintah terhadap insan koperasi di tanah air. Pemerintah menilai koperasi di tanah air telah mengalami banyak perkembangan dan memberikan kesejahteraan bagi anggotanya. Oleh karena itu layak diberikan penghargaan kepada mereka yang dinilai telah berjasa. “Penghargaan ini sekaligus juga untuk meningkatkan citra koperasi di masyarakat dan memberikan motivasi bagi koperasi untuk berkarya lebih baik,” kata Puspayoga. usai pemberian penghargaan.

Dari 87 orang yang beruntung mendapatkan Bakti Koperasi itu diantaranya, adalah DR. Ir. Ibnu Salah MM (Bupati Bangka Tengah), AM. Sukri Sappewali (Bupati Kab. Bulukumba), H. Faukan Khalid B.Ag, Msi (Bupati Kab. Lombok Barat), Ir Nicodemus Bringkanas (Bupati Kab. Tana Toraja), H. Agus BastoanSE, MM (Bupati Kab. Purworejo). Ir. Bima Aria Sugianto (Walikota Bogor), Ir H Ajai Muhamad Priyatna MM (Walikoya Kota Cimahi), HM Syahrial (Walikota Kota Tanjungbalai), A Abdul Malik Faisal SH, Amd Pemb (Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Selatan), Drs. H Sayuti Msi (Kepa Dinas Koperasi Kota Tangerang),, Drs. Ahmad Basuki M.Si (Kepala Bidang Pemasaran Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur), Muhammad Sahid (Ketua Bidang Permodalan Dekopinwil Jawa Tengah) dan
Drs Tumbur Naibaho MM, FSAI (Ketua Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Makmur Mandiri Kota Bekasi).

Secara khusus, Menteri Koperasi Puspayoga juga memberikan penghargaan kepada Koperasi Telekomunikasi Seluler (Kisel) atas capaiannya masuk dalam jajaran koperasi besar dunia. Dalam laporan tahunan yang baru dirilis World Cooperative Monitor
tahun 2018, Kisel menduduki peringkat 94 dunia dari 300 koperasi besar dunia dan
peringkat pertama untuk kategori Other Services atau Jasa Lainnya. “Para penerima penghargaan adalah orang-orang yang memberikan kontribusi lebih dari seharusnya demi kemajuan koperasi,” kata Puspayoga, yang fidamping SekretariMenteri Koperasi dan UKM Rully Indrawan.

Di sana juga tampak Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid, Gubernu Jawa Tengah
Ganjar Pranowo, Gubenrur Jawa Barat Ridwan Kamil, sejumlah bupati dan walikota, serta ratusan orang pegiat koperasi. Masih terkait dengan penghargaan Puspayoga juga memberian penghargaan kepada sejumlah koperasi sukses yang dianggap baik dan diberi galar sebagai Koperasi Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2019.

Kecuali itu Kemenkop dan UKM juga memberikan penghargaan bagi pemerintah daerah (Pemda) yang memiliki nomenklatur tunggal dinas koperasi dan UKM, yakni Kabupaten Bandung, Kota Sorong dan Kota Bogor. Dalam catatan Pipnews, penghargaan untuk katagori seperti ini baru pertama kali dilakukan. Wakil Bupati Bandung Gungun Gunawan, salah seorang penerima penghargaan mengatakan, pembentukan nomenklatur tunggal dimaksudkan, agar pengembangan
koperasi dan UKM, baik dalam pembinaan dan anggaran lebih fokus.

Melalui nomenklatur tunggal dan tidak digabung dengan pembinaan bidang lainnya, Gungun berharap Kabupaten Bandung mempercepat pertumbuhan koperasi dan UKM, sehingga ekonomi kerakyatan makin meningkat. Menurut dia pimpinan daerah, berkewajiban mendorong dinas-dinas yang ada, khususnya dinas koperasi untuk terus berprestasi. Dalam arti membina koperasi yang terbaik, koperasi yang sehat mampu menyejahterakan anggotanya. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.