Bentuk Koperasi RW untuk Tingkatkan Kesejahteraan Warga

Pipnews.co.id, Bekasi – Gaung koperasi dan UMKM memang sudah menjadi pembicaraan di masyarakat. Sektor ekonomi kerakyatan ini, terasa mulai akrab di hati banyak warga. Hingga lingkungan terkecil isu pemberdayaan ekonomi rakyat, cukup mengena buat merekrut dukungan pemilihan Ketua Rukun Warga (RW). Seperti yang terjadi di RW 03 Kelurahan Kaliabang Tengah, Bekasi Utara, Kota Bekasi.

Lurah Kaliabang Tengah Rr Sri Setyaningrum saat memberikan sambutan pada pemilihan RW.

Dalam pesta demokrasi tingkat bawah ini, warga cukup antusias untuk memberikan suara pada calon yang dijagokan. Sejak jam 07.00 tepat dimulainya acara, warga begitu terlihat semangat menghadiri tempat pemilihan suara. Pipnews.co.id yang sengaja memantau dan mengikuti jalannya pesta tersebut, tergelitik untuk menganalisa visi misi masing-masing calon.

Rupanya dari ketiga calon tersebut, yakni Syaifullah Ahmad, SPdI, Ir Hasanuddin MPd dan Musyafa Hasan Lc ada butir jualannya dalam kampanye yaitu pemberdayaan masyarakat ekonomi dengan pendekatan teknologi untuk kaum milenials. Semacam ada pelatihan untuk marketing online. Yang kemudian akan diintegrasikan dengan koperasi yang akan di bentuk.

Faktanya Saefullah Ahmad yang mengangkat isu tersebut terpilih sebagai pengumpul suara terbanyak. Warga dari 15 RT yang ada mereka memberikan dukungan padanya. “Ya nanti koperasi kita bentuk di wilayah saya kalau saya diberikan amanah oleh warga,” ujar Syaefullah saat ishoma.

ASN yang berdinas di SDN 04 Perwira, Bekasi Utara sebagai Guru Agama ini menambahkan, nantinya untuk mendirikan koperasi akan mendatangkan konsultan koperasi untuk memberikan pemahaman tentang perkoperasian di wilayahnya. “Tanpa dipahamkan masyarakat tentang koperasi oleh ahlinya mustahil mereka akan tertarik pada koperasi. Tetapi dengan sentuhan filosofi dan manfaat koperasi yang bisa membantu kesejahteraan, yang sekaligus menjadi lembaga ekonomi warga, pasti akan didukung masyarakat,” papar ustad yang juga ayah dari empat anak itu.

Faktanya, ia berhasil mengungguli incumbent karena misi adanya pemberdayaan ekonomi. Seperti diungkapkan saat pidato kemenangan yang singkat. “Semoga kami bisa mengemban amanah ini untuk memajukan wilayah ini. Untuk itu kami minta dukungan positif dan keterlibatan aktif warga dalam pemberdayaan ekonomi. Dengan kegiatan usaha mikro atau bergabung dengan koperasi,” ungkapnya.

Sementara salah satu pemilihnya Yudi mengaku senang dengan terpilihnya tokoh masyarakat dan tokoh agama ini yang juga paham bicara ekonomi. “Iyalah era milenials sekarang ini kita perlu pemimpin yang komplit. Bisa memimpin, berpengetahuan agama juga ekonomi,” karyawan yang juga aktif nyambi usaha online tersebut.

Adapun incumbent Musyafa Hasan juga mengaku senang penggantinya itu lengkap dalam pengetahuan dan profesi. “Kami ucapkan selamat bekerja untuk membangun wilayah menjadi lebih baik. Berdayakan masyarakat melalui ekonomi biar mampu meraih kesejahteraan sebenarnya” tandasnya.

Syaefullah Ahmad, SPdI RW terpilih sedang sampaikan misi yang akan dilakukan selama kepemimpinannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.