Dekopinwil Jatim Siap Fasilitasi Koperasi Garam Sukseskan Swasembada Garam Industri Nasional

Pipnews.co.id, Sumenep (23/4) – Dewan Koperasi Wilayah (Dekopinwil) Jawa Timur (Jatim), akan mendorong koperasi garam untuk sukseskan swasembada garam Nasional. Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Bidang Kemaritiman Dekopinwil Jatim Amin Sunarto dalam sambutannya pada Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Pengolahan Garam Bagi Koperasi Garam Hotel Utami Sumekar Sumenep, pekan lalu.

“Madura itu adalah lumbung garam nasional dan kami bersyukur di Madura sudah terbentuk koperasi garam. Oleh karena itu kami dari Dekopinwil akan memberikan fasilitasi terutama peningkatan SDM Koperasi garam dalam mewujudkan swasembada garam industri nasional”, kata Amin Sunarto.

Melalui Bidang Kemaritiman lanjut Amin, Dekopinwil Jatim memiliki program yang dikhususkan bagi koperasi garam. Hal tersebut kata dia bukan tanpa alasan, karena sebelumnya Jatim sudah mencapai swasembada garam rakyat secara nasional, maka itu sudah saatnya Madura juga bisa swasembada garam industri secara Nasional.

Amin yang juga Ketua Puskud Mina Jatim menilai bahwa dengan terwujudnya swasembada garam industri nasional, maka pemerintah tidak perlu impor. Cukup dipenuhi oleh garam industri yang diproduksi anggota koperasi. Oleh karena itu, pihaknya akan terus melakukan improvisasi dengan selalu mengupdate perkembangan teknologi yang berkaitan dengan garam. Hal tersebut perlu dilakukan agar swasembada garam industri nasional segera terwujud.

Menurut Amin kebijakan impor garam yang mencapai 2,7 juta ton, otomatis memukul harga garam rakyat. Harga garam yang awalnya mencapai 2.500 per kg langsung terjun bebas diangka 1.400 per kg. “Fenomena tersebut adalah cambuk bagi kita untuk berbenah. Kalau selama ini kita memproduksi garam konsumsi maka mulai saat ini kita harus memproduksi garam industri agar bisa meminimalisir impor garam. Saya yakin kita bisa melakukannya. Saya juga berharap, harga garam kembali mencapai Rp. 3.000 per Kg”, tambahnya.

Koperasi Garam Harus Menjadi Anggota Dekopin
Mengutip Pipnews Jatim, Amin Sunarto memberikan apresiasi atas terbentuknya kelembagaan ekonomi masyarakat petambak garam dalam wadah koperasi garam. Menurutnya, fenomena tersebut meruapakan segar bagi terwujudnya kemandirian ekonomi masyarakat petambak garam. Namun, Amin Sunarto menyayangkan karena hingga saat ini koperasi garam masih belum menjadi anggota Dekopin. Oleh karena itu pihaknya mengajak seluruh koperasi garam untuk segera bergabung menjadi anggota Dekopin.

“Dekopin ini adalah rumah bagi seluruh gerakan koperasi. Termasuk juga koperasi garam. Tidak ada kata terlambat untuk bergabung. Kami siap memberikan yang terbaik bagi seluruh gerakan koperasi pada umumnya dan koperasi garam pada khususnya”, pungkasnya. [Pipnews Jatim/Elc/Yan]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.