Kopma UIN Walisongo Dapat Kado Hardiknas, Sebagai Koperasi Terbaik Nasional


pipnews.co.id, Pangkalpinang – Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga, pada Kamis malam membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Koperasi dan UKM tahun 2019 di Balitong Resort Hotel Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang. Acara tersebut diikuti para Deputi Kemenkop UKM RI, para kepala dinas koperasi dan UKM tingkat provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia, DEKOPIN dan para tamu undangan diperkirakan berjumlah 1.500 orang.

Dalam perhelatan tersebut ada hal menarik, yakni pemberian penghargaan sebagai acara puncak pada sesi malam itu. Salah satu penerima penghargaan adalah Kopma UIN Walisongo, Semarang. Perhargaan itu bahkan menjadi sangat spesial. Mengingat sebagai civitas akademika, penghargaan itu diberikan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Wajar jika komponen mahasiswa yang tergabung dalam Koperasi Mahasiswa (Kopma) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, menganggap sebagai kado istimewa dari Menteri Koperasi. Anugrah tersebut untuk kategori Koperasi Terbaik Tingkat Nasional sebagai Penyelenggara Pendidikan Anggota (PAg).

Apa yang diperoleh itu, tentu bukan hadiah tetapi bentuk pencapaian panjang. Tepatnya sejarah dilakukannya Pendidikan Anggota di Kopma UIN Walisongo, sudah berlangsung sejak 2004 yang saat itu bimotori Moch. Mujayin, dengan Ketua Kopmanya saat itu Hendra Suhendra. Tetapi hingga saat ini kegiatan Pendidikan Anggota selalu digelar secara rutin. Tepat hingga periode  2019, Kopma UIN Walisongo telah tercatat 15 kali melaksanakan PAg itu secara massal.

Menurut Ketua Kopma, Muhammad Iqbal Najib, kegiatan tersebut suatu wujud implementasi dari prinsip koperasi, berupa pendidikan anggota yang setiap tahunnya bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Perkoperasian-Dewan Koperasi Indonesia (LAPENKOP-DEKOPIN).

Penghargaan itu diterima langsung Ketua Kopma Walisongo di Pangkal Pinang, Kamis malam, (2/5). “Berkat komitmen dalam menyelenggarakan Pendidikan Anggota secara konsisten dan dukungan seluruh civitas akademika UIN Walisongo, akhirmya bisa mendapat pengakuan dan enghargaan tersebut,” ungkap Iqbal Najib. (Eka/awes).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.