Sinergi Untuk Negeri, Catatan Pengabdian Bintang Puspayoga

Pipnews.co.id, Jakarta – Bintang Puspayoga telah resmi merilis buku bertajuk “Sinergi Untuk Negeri”. Buku yang disusun tim dan diketuai Kabag Humas Kementerian Koperasi dan UKM Darmono itu, merupakan buku yang menyajikan tentang peran Bintang Puspayoga selama mendampingi suami menjalankan tugasnya sebagai Menteri Koperasi dan UKM.

“Buku ini sebagai bentuk pertanggungjawaban saya selama bertugas sebagai istri Menteri Koperasi dan UKM,” ujar Bintang disela-sela acara Silaturahmi Bersama dengan tema “Merajut Kebersamaan Dalam Pemberdayaan Koperasi dan UMKM Tahun 2019”, di Jakarta, Senin (16/9).

Acara yang dihadiri Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga dan seluruh Kepala Dinas Koperasi dan UKM provinsi seluruh Indonesia ini, Bintang menjelaskan bahwa buku ini mengulas perjalanannya keliling Indonesia terkait pemberdayaan masyarakat. Mulai dari KUKM hingga penerapan pola hidup sehat. “Kami bersinergi dengan seluruh stakeholder, termasuk saat melakukan kegiatan di wilayah perbatasan RI,” ujarnya lagi.

Dalam buku tersebut disebutkan, selain jadi istri menteri, dirinya juga berperan sebagai Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Koperasi dan UKM, sekaligus Ketua Bidang Manajemen Usaha Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), maupun Ketua Bidang II Tim Penggerak PKK, serta Ketua Bidang Peningkatan Kualitas Keluarga Besar OASE Kabinet Kerja.

Menurut Ketua Tim Penulis Buku, Darmono, buku ini menggambarkan bagaimana Bintang Puspayoga menjalankan tugas dan tanggungjawab yang diembannya. Masih kata Darmono, dalam setiap bidang tugas dan tanggung jawab yang dijalaninya, ada berbagai program yang dijalankannya.

Darmono menambahkan, dalam setiap kegiatan yang dilakukan Bintang selalu menjalin Sinergi. “Sebuah program akan lebih efektif bila dijalankan secara bersama-sama atau sinergi. Istilahnya, dikeroyok bersama-sama,” tandasnya.

Di mata Darmono, bisa dilihat dalam program apapun, Bintang Puspayoga selalu menjalin kerja sama dengan kementerian atau lembaga lain. Misalnya, Dekranas dengan Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, OASE Kabinet Kerja dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta lembaga-lembaga lainnya.

Terkait cover buku, Darmono menjelaskan, penggunaan gambar puzzle adalah potongan-potongan atau kepentingan gambar yang jika disusun akan memberikan gambaran utuh tentang sesuatu. “Begitu juga dengan sinergi, ibarat sebuah puzzle jika kegiatan-kegiatan yang terpisah dilakukan bersama akan menjadi sesuatu yang bermanfaat secara utuh kepada masyarakat,” pungkas Darmono. (Slamet AW).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.