“Smesco Fashion Bazaar Ramadhan” Pertemukan Pengrajin dengan Fashion Desainer

Pipnews.co.id, Jakarta – Smesco Fashion Bazaar Ramadhan telah usai digelar di Gedung Smesco Indonesia selama tiga hari pada 26-28 Mei 2018. Ajang tersebut menjadi wadah untuk mempertemukan para pengrajin dari berbagai daerah.

Selain itu, acara tersebut memang bertujuan untuk mengawinkan hasil par aperajin di daerah-daerah dengan fashion desainer. “Kami berupaya untuk mengawinkan para perajin di daerah-daerah dengan fashion desainer melalui ajang Smesco Fashion Bazaar ini,” ujar Samuel Watimena, Dewan Pengawas Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) saat pembukaan di Jakarta, Kamis (26/5).

Samuel menambahkan selama ini Indonesia memiliki beragam potensi hasil kerajinan termasuk wastra, kain, batik, tenun, hingga kerajinan kriya. Namun, lantaran merupakan hasil budaya warisan leluhur yang turun-temurun, kerap kali produk yang dihasilkan kurang berkembang dan tidak mengikuti perkembangan zaman.

Sementara imbuh dia para fashion desain cenderung memiliki ide-ide baru yang segar namun kurang memiliki penguasaan teknis dalam hal pengerjaannya. “Dengan mempertemukan mereka melalui satu wadah tersebut, kami harapkan akan menjadi solusi bagi pengembangan produk kreatif kita,” ujarnya lagi.

Masih kata Samuel selama ini persoalan pengembangan produk kreatif di Indonesia bukan sekadar pada problem pasar karena pasar domestik Indonesia dengan ratusan juta penduduknya adalah pangsa pasar yang sangat besar. Sehingga dengan mengawinkan dua pihak ini dia berharap akan dapat mengembangkan dari hulu dan hilirnya sekaligus.

Pihaknya juga sukses menggaet beragam kalangan untuk terlibat dalam Smesco Fashion Bazaar Ramadhan, seperti IWAPI, WITT, Komunitas Notaris Indonesia Berkebaya, dan Indonesian Gastronomy Association.

Smesco Fashion Bazaar Ramadhan ini juga digelar untuk mempromosikan “Creative Stage” yang berada di lantai 3 Gedung Smesco Indonesia yang terletak di Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan, sebagai tempat promosi produk unggulan UKM Indonesia.

Oleh sebab itu Samuel juga mengajak para desainer yang hadir untuk menggunakan Creative Stage ini senagai tempat kegiatan yang bisa mendukung kemajuan UKM. “Dengan memiliki komunitas yang potensial ini, maka LLP-KUKM mengharapkan ke depan kedua belah pihak bisa menjalin kerja sama,” tandasnya.

Fashion Bazaar Ramadhan ini dimeriahkan dengan event fesyen show, pameran produk fesyen dan berbagai perlengkapannya, displai berbagai kostum selebritis, displai kain nusantara, serta talkshow dan “sharing”, maupun konsultasi seputar fesyen dan kecantikan. (Slamet AW).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.