SMK Laboratorium Jakarta Cetak Lulusannya tak Cuma Jadi Pencari Kerja

Pipnews.co.id, Jakarta, Era revolusi industri 4.0 menutut generasi milenial dapat memanfaatkannya sebaik mungkin. Hal ini sejalan program pemerintah yang telah lama memprioritaskan sekolah-sekolah kejuruan untuk mendidik siswa yang siap diserap industri. Begitu pula periode kepemimpinan Presiden Joko Widodo kedua, kembali menekankan pada pentingnya peningkatan SDM Indonesia.

Demikian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Laboratorium Jakarta, pun sesuai dengan program pemerintah tersebut. Yakni mendidik para siswanya siap bekerja setelah tamat, bagi yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. Dengan konsentrasi lima bidang studi yang disetujui. Tiga jurusan sudah terakreditasi, yakni TKJ, RPL dan Kecantikan. Sementara dua jurusan, yaitu Perhotelan dan Pariwisata sedang dalam proses. Pola pengajarannya seimbang antara pemahaman teori-teori dan praktik.

Selain sistem Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang sudah wajib, juga kunjungan-kunjungan tentatif yang ada kesesuaian dengan mata pelajaran tertentu, juga menghadiri seminar atau lokakarya.

Seperti pada Selasa (13/8) sekolah kejuruan di naungan yayasan Acprilesma, di bawah pembinaan Prof Dr H Agustitin Setyowati MM, yang beralamat di Jalan Rawajaya, Pondok Kopi, Jakarta Timur ini, kembali menugaskan 20 siswa-siswinya mewakili masing-masing kelas untuk menghadiri acara Forum Diskusi Kelompok (FGD), bertemakan masa depan koperasi dan UKM dalam era revolusi industri 4.0 yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengelola Dana Bergulir-Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KPDB-KUMKM) bertempat di Gedung SMESCO Indonesia, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

SMK Laboratorium Jakarta ini merupakan salah satu sekolah swasta yang memberlakukan muatan lokal (mulok) mata pelajaran wirausaha dan ekonomi koperasi ini, perlu menghadiri undangan FGD tersebut. Apalagi pembina yayasan merupakan profesor bidang koperasi, dan kini pun masih aktif sebagai praktisi koperasi sebagai Ketua Umum Induk Koperasi Pegawai-Republik Indonesia (IKP-RI). Menekankan agar SMK Laboratorium juga memiliki pola pikir, lulusannya jadi pelaku usaha.

“Acaranya sangat baik dan tematik dengan mata pelajaran perkoperasian, sekaligus melatih langsung pemahaman anak didik bertemu langsung para pakar di bidangnya, maka kami akan mengirim mereka ke acara tersebut,” ujar Ginanjar Hijriah S.Kom, MM, Kepala Sekolah usai menerima undangan dari bantuan , di kantornya, Jumat, (9/8).

Hal senada juga diiyakan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Husein Nurdin, SPdI, dan segera mendata siswa siswi yang disiapkan untuk mewakilinya. “Sangat setuju dengan acaranya dan kami selalu mengutus siswa menghadiri undangan yang ada kompetensinya,” ujarnya. (Slamet AW).

Direktur Utama LPDB-KUMKM Braman Setyo diapit para siswa SMK Laboratorium Jakarta dan guru pembimbing, usai mengikuti FGD.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.